TOBA - PT.TPL.Tbk di Sosorladang, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba, melaksanakan pembersihan mesin pabrik (Shutdown) yang rutin digelar satu kali dalam setiap tahunnya dengan melibatkan 1.300 pekerja.


Pekerjaan Shutdown untuk tahun 2021 dimulai sejak Selasa (2/3/2021) sampai 11 Maret 2021.

"Selama proses perekrutan pekerja hingga terlaksananya pekerjaan shutdown tetap dalam pengawasan TNI-POLRI serta Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Toba," ujar Kapolres Toba, AKBP Akala Fikta Jaya melalui Kasubbag Humas Aiptu.Khairudin Sukri Yanto, Rabu (3/3/2021).

Sementara itu, Bagian Humas PT.TPL, Tbk Juliandri Hutabarat menjelaskan, shutdown yang dilaksanakan di Maret 2021 ini adalah untuk melakukan pembersihan dan perbaikan alat mesin operasional pabrik perusahaan.

"Hal tersebut guna untuk menjaga kesehatan mesin dari berbagai kemungkinan kerusakan yang bertujuan untuk kelangsungan dan kelancaran beroperasinya mesin pabrik penghasil Pulp (Bubur Kertas) PT. TPL.Tbk di Desa Tangga Batu 1, Kecematan Parmaksian, Kabupaten Toba," jelasnya.

Dia berharap, dengan dilakukannya pekerjaan shutdown ini membuat mesin pabrik perusahaan tetap beroperasi dengan baik, aman dan lancar serta tidak akan ada kendala atau masalah dalam pengoperasian dan pengendaliannya. "Serta tidak akan ada pencemaran terhadap lingkungan," ungkap Juliandri

Dia juga mengaku, guna mencegah dan memutus paparan wabah pandemi Covid-19 atas diundangnya 1300 pekerja shutdown, perusahaan tetap komit menjalankan protokoler kesehatan serta mematuhi dan melaksanakan segala SOP tentang pencegahan dan memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Atas hal tersebut pihak perusahaan bekerjasama dengan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Toba dan juga dengan seluruh unsur Uspika Kabupaten dan kecamatan dengan melakukan pengecekan suhu tubuh para pekerja sesuai dengan protokol kesehatan di lokasi pintu masuk PT. Toba Pulp Lestari," tegas Juliandri.