JAKARTA - Satu anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) tewas saat baku tembak dengan prajurit TNI di Distrik Hitadipa, Intan Jaya, Papua, pada Minggu (28/2/2021) dini hari. Kepala Penerangan (Kapen) Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa mengungkapkan, baku tembak bermula ketika dua anggota KKB menembaki aparat saat gerakan pasukan.

Keduanya disebut menembak dari arah belakang. "Orang yang berhasil dilumpuhkan, sedangkan satu orang lagi lari meninggalkan membawa senjata, dan dari pihak TNI tidak ada korban," ujar Suriastawa dalam keterangannya, Minggu.

Menurutnya, anggota kelompok KKB yang selamat selalu membawa senjata yang tewas. Kemudian, diunggah ke media sosial. "Di-posting di media sosial, bahwa korban adalah warga sipil dan motifnya selalu begitu," katanya.

Korban yang bunuh pun sudah diserahkan kepada tokoh masyarakat Kampung Titigi pada Minggu pagi waktu setempat. Suriastawa menuturkan, aparat sedang mendalami kelompok asal dari anggota KKB yang tewas tersebut.

"Ini menambahkan keyakinan bahwa yang memperhatikan adalah KSB, selain tak dikenal warga dilokasi kejadian, tidak mungkin warga yang baik menembaki pergerakan aparat TNI di tengah malam," tutur dia.