ASAHAN - Para tim sukses dan relawan masing-masing calon bupati dan calon wakil bupati Asahan menggelar turnamen Beno Catur Championship 2021.


Turnamen ini digelar di Beno Cafe, Jalan Kartini, Kisaran dan dibuka mulai Jumat (26/2/2021) hingga Kamis (4/3/2021).

Ketua Panitia, Syahrial Mangunsong mengatakan tujuan dari turnamen tersebut Rekonsiliasi pilkada Asahan, demi membangun silaturahmi antara para pejuang Pilkada yang pada saat itu sempat berlawanan.

"Saat pilkada kita saling bersaing dalam memenangkan para calon bupati dan wakil bupati masing-masing. Sekarang kita satukan lagi persepsi dengan membangun silaturahmi, bahwa pilkada telah usai, artinya kita tetap berteman dan bersaudara," katanya.

Dijelaskannya, peserta turnamen ini sebanyak 35 orang dan rata-rata peserta merupakan pecinta kopi Beno. Untuk pertandingan dibuat dengan sistem cari poin.

"Dalam turnamen ini, bukan kemenangan semata yang dikejar, melainkan bentuk kebersamaan demi terjalinnya silaturahmi yang baik," tuturnya.

Di tempat yang sama, Anggota DPRD Kabupaten Asahan Fraksi Golkar, Rippy Hamdani mengaku salut dengan adanya turnamen tersebut. Menurutnya, dengan adanya turnamen catur ini dapat memperkuat kebersamaan.

"Kita menunjukkan bahwa tim pemenangan para calon itu tidak bermusuhan. Memang kita saling bersaing untuk memenangkan para colon Bupati masing-masing, tapi sekarang kita sudah bersatu kembali karena Pilkada sudah selesai," katanya.

Dia pun berpesan kepada panitia dan seluruh peserta agar menjaga sportifitas dan mengikuti protokol kesehatan saat melakukan pertandingan.

"Bukan memang tujuan utama, sportifitas lah yang harus dijunjung tinggi. Selain itu juga, dimasa pandemi ini kita harus tetap ikuti protokol kesehatan agar kita tetap terjauh dari Covid-19," ujarnya.

Ketua KONI Kabupaten Asahan, Harris, ST dalam kesempatan tersebut juga sangat mendukung kegiatan ini. Selain mengasah kemampuan dalam permainan catur, menurutnya turnamen ini juga sangat baik dalam menjaga silaturahmi.

"Saya sangat mendukung turnamen ini, karena dengan adanya turnamen ini dapat mewujudkan hal yang positif," katanya.

Menurutnya lagi, berbeda pendapat dan pilihan dalam politik itu hal yang biasa, namun bukan berarti harus bermusuhan.

"Selaku warga Indonesia khususnya warga Kabupaten Asahan yang baik, kita harus tetap menjaga kekondusifan Kabupaten kita dengan tidak bermusuhan. Kita tetaplah warga Kabupaten Asahan, maka dari itu kita harus tetap kompak dan menjaga silaturahmi dengan baik," pungkasnya.

Pantauan wartawan, turnamen Beno Catur Championship 2021 itu mengikuti protokol kesehatan dengan menyediakan masker, tempat cuci tangan, hand sanitizer, saling menjaga jarak dan tidak mengundang penonton.