TOBA - Tiga wartawan Grup Humas Polres Toba menerima penghargaan di Hari Pers Nasional (HPN) ke - 75 tahun 2021 yang diserahkan Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya, Kamis (18/2/2021) di Gedung Harungguan Mardemak Mako Polres Toba. Ketiga wartawan penerima piagam penghargaan itu diketahui yang paling banyak menerbitkan berita positif tentang kinerja Polres Toba selama tahun 2020.

Masing masing penerima yakni Daniel Manurung wartawan dari media online Kliktodaynews.com, Acon Sirait dari media elektronik Nusantara TV dan James Tambunan dari media online Hr.Mistar.

Kapolres Toba, AKBP Akala Fikta Jaya dalam sambutannya berharap insan pers selalu menjadi garda terdepan dalam merawat demokrasi dengan keberagaman NKRI "Bhineka Tunggal Ika".

"Untuk itu atas nama institusi POLRI saya mengucapkan selamat Hari Pers Nasional tahun 2021, semoga pers senantiasa menjadi garda terdepan dalam mencerahkan pola pikir masyarakat sebagaimana Pers adalah pilar kermpat demokrasi," terangnya.

Kapolres juga menyampaikan, keberadaan pers diharapkan membantu Polri untuk memerangi dan menangkal berbagai isu isu miring serta berbagai berita berita bohong atau hoax dan ujaran kebencian lainnya, karena hoax mengancam keutuhan kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Peranan Pers sebagai pilar keempat demokrasi diharapkan mampu membangkitkan semangat Kebangsaan dalam kebhinekaan untuk mendorong produktivitas dan optimisme bangsa," tuturnya.

Dalam perayaan dan peringatan tahun ini, Polres Toba dengan membatasi perwakilan dari insan pers guna mematuhi prokes Covid-19 untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan wabah pandemi Covid-19.

"Acara yang kita gelar hari ini untuk menjalin hubungan silaturahmi kemitraan kita terhadap insan pers dari berbagai media sebagai mitra Polres Toba. Kita bersama-sama bekerja untuk merawat demokrasi dan memberikan penerangan kebenaran kepada masyarakat sehingga tidak ada berita hoax di masyarakat," harapnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kapolres berharap kiranya pertemuan ini menjadi acuan bersama demi peningkatan kinerja masing-masing. "Pers sebagai mitra Polri, bangkit dari pandemi dan Pers sebagai akselerator perubahan,” ucap Kapolres.