SERGAI- Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman dan Wakil Bupati Sergai H. Darma Wijaya hadir secara virtual dalam acara serah terima jabatan Bupati Sergai periode 2016-2021 yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati, Sei Rampah, Rabu (17/2/2021).


Soekirman dalam sambutannya, berterima kasih atas kebersamaan yang telah terjalin selama 5 tahun masa jabatannya sebagai nahkoda Kabupaten Sergai. Ia juga menyampaikan permintaan maaf sekiranya dalam kepemimpinannya terdapat kekurangan.

"Jabatan kami selama 5 tahun telah berakhir hari ini. 5 tahun kami menjalankan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Sergai. Semua rangkaian tugas pemerintahan yang sudah kami lakukan bersama wakil bupati sudah kami sampaikan laporannya kepada BPK RI. Secara pribadi saya menyampaikan permohonan maaf jika ada salah dan khilaf selama menjabat, namun kami telah berupaya semaksimal mungkin untuk menjalankan tugas dan kepercayaan yang telah diberikan," ujar Soekirman.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai sekaligus Pelaksana Harian (Plh) Bupati Sergai H.M. Faisal Hasrimy menyampaikan acara yang digelar ini merupakan penyerahan memori jabatan bupati dan wakil bupati kepada dirinya sebagai Plh Bupati.

Faisal menyebut, hal ini akan berimplikasi terhadap tugas sehari-hari sebagai Plh untuk mengisi kekosongan kepemimpinan daerah sampai dilantiknya kepala daerah yang terpilih dalam pilkada serentak 9 Desember 2020 lalu.

Ia menerangkan, berdasarkan pasal 113 ayat (4) peraturan Pemerintah No. 49 tahun 2008 tentang perubahan ketiga atas Peraturan Pemerintah No. 6 Tahun 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, menegaskan bahwa dalam hal terjadi kekosongan jabatan kepala daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (3) Sekretaris Daerah melaksanakan tugas sehari-hari Kepala Daerah sampai dengan Presiden mengangkat pejabat Kepala Daerah tersebut.

"Sebagai informasi, tugas Plh Bupati adalah melaksanakan tugas pemerintahan sedangkan yang berkaitan dengan pengambilan kebijakan yang bersifat strategis, keuangan, kelembagaan, personil dan aspek perijinan serta kebijakan strategis lainnya dilaksanakan setelah mendapat izin dari Gubernur. Selanjutnya penyelenggara wewenang dan kewajiban Bupati yang bersifat strategis dilaksanakan dengan terlebih dahulu berkoordinasi dan melaporkannya serta mempertanggungjawabkannya kepada Gubernur Sumatera Utara," jelas lagi.

Terakhir, Faisal Hasrimy menyebutkan tantangan masa depan bangsa ini akan lebih berat, kompleksitas permasalahan akan semakin tinggi.

“Untuk itu kami nantinya akan berguru kepada para pinisepuh Kabupaten Sergai, terkhusus kepada bapak Ir. H. Soekirman yang telah mengabdikan dirinya semenjak tahun 2005. Banyak pengalaman yang bisa diperoleh dari beliau untuk memajukan daerah ini," pungkasnya.

Hadir langsung dalam kegiatan ini Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang, S.H., M,Hum, Kajari Sergai Paian Tumanggor, SH, Ketua GOPTKI Sergai Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Sergai. Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, Para Asisiten, Staf Ahli dan Kepala OPD.

Serah Terima Aset Inventaris

Sebelumnya di hari yang sama, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman dan Wakil Bupati H. Darma Wijaya melaksanakan penyerahan aset inventaris setelah masa jabatannya selama 5 tahun (2016-2021).

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, menyebut hal tersebut bisa menjadi contoh dan pembelajaran bagi banyak pihak terutama bagi ASN perihal bagaimana amanah inventaris yang dititipkan kepada bupati dan wakil bupati dijaga dengan baik sampai waktu pengembalian tiba.

"Barang yang dikembalikan kemudian akan disimpan dan dirawat sebaik-baiknya untuk masa berikutnya sambil menunggu acara pelantikan berdasarkan hasil video conference dengan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri. Dalam rakor virtual beberapa waktu yang lalu disampaikan bahwa pelantikan Kepala Daerah di Sumut diagendakan terlaksana pada minggu ke IV bulan Februari 2021. Terakhir mari berdoa, berharap dan berusaha agar kita tetap dalam keadaan sehat di masa pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya.