JAKARTA - The Zayed Sustainability Prize, perintis penghargaan dunia dari Uni Emirat Arab, yang memberikan penghargaan terhadap dampak, inovasi dan inspirasi, kembali membuka pendaftarannya untuk edisi tahun 2022.


Para peserta dari seluruh dunia termasuk Indonesia jangan lewatkan kesempatan ini, dapat segera mendaftar mulai hari ini sampai dengan tanggal 6 Mei 2021 melalui portal daring The Zayed Sustainability Prize (https://zayedsustainabilityprize.com/) untuk seluruh kategori keberlanjutan yaitu: Kesehatan, Pangan, Energi, Air dan Sekolah Menengah Dunia.

"Sebagai katalisator yang dapat mempercepat perubahan dan transformasi positif, the Zayed Sustainability Prize melanjutkan usaha pemberdayaan secara dinamis terhadap usaha-usaha kecil menengah dan organisasi nirlaba, sambil mendukung dan memberdayakan komunitas mereka serta menjadi pemimpin keberlanjutan di masa depan," ujar Menteri Industri dan Teknologi Tinggi Uni Emirat Arab dan Direktur Jenderal The Zayed Sustainability Prize, Dr. Sultan Ahmed Al Jaber, dalam siaran pers yang diterima GoSumut, Selasa (16/2/2021).

Penghargaan akan diberikan kepada para pemenang berupa pendanaan program dengan total sebesar US$3 juta yang setiap kategorinya akan mendapatkan sebesar US$600.000, untuk kategori Sekolah Menengah Dunia akan dibagi kepada enam pemenang di enam wilayah dunia dengan setiap sekolah bisa mendapatkan sampai dengan US$100.000 untuk memulai atau memperluas proyek mereka lebih lanjut. Ke-enam wilayah dunia dari kategori Sekolah Menengah Global adalah Amerika, Afrika Sub-Sahara, Timur Tengah dan Afrika Utara, Eropa dan Asia Tengah, Asia Selatan dan Asia Pasifik Timur.

The Zayed Sustainability Prize mempunyai tiga tahapan proses evaluasi, dimulai dengan uji kelayakan yang dilakukan oleh konsultan riset dan analisa independen. Tahap ini akan mengidentifikasi peserta yang layak dan hasilnya menjadi peserta terpilih. Dilanjutkan dengan penilaian yang dilakukan oleh satu Komite Pemilihan yang terdiri dari sebuah panel ahli-ahli internasional yang independen khusus pada masing-masing kategori. Dari peserta yang sudah terpilih, para finalis kemudian ditentukan dan datanya akan dikirim kepada Juri Penghargaan yang akan memilih pemenang, di ke-lima kategori.

Para pemenang akan diumumkan pada tahun 2022 dalam sebuah upacara penghargaan sebagai bagian dari Abu Dhabi Sustainability Week (ADSW).