SAMOSIR - Sesuai rilis perkembangan kasus infeksi Covid-19 yang diterima dari Dinas Kesehatan Samosir oleh Gugus Tugas Covid-19 Samosir pada libur Imlek, Jumat (12/2/2021), pukul 14.00, terjadi penambahan 2 kasus positif aktif dan angka itu diperkirakan akan terus naik.


"Beberapa hari terakhir ini, terjadi kenaikan signifikan infeksi Covid-19 di Kabupaten Samosir. Sesungguhnya, kenaikan ini merupakan akumulasi dari rendahnya disiplin protokol kesehatan dalam dinamika kehidupan sehari-hari dan dinamika pelaku perjalanan ke dan dari Samosir. Dalam beberapa hari ke depan, dinamika kenaikan ini diperkirakan akan terjadi," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika sekaligus juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Samosir, Rohani Bakkara.

Untuk itu, gugus tugas Covid-19 Samosir mengajak seluruh masyarakat Samosir untuk melakukan pencegahan secara masif melalui penjadwalan ulang kegiatan acara kegiatan sukacita hingga terjadi penurunan angka infeksi secara signifikan.

"Untuk acara dukacita, diharapkan kordinasi dengan gugus tugas Covid-19 desa untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat pada acara yang akan dilaksanakan. Ini semua kita lakukan untuk kebaikan bersama yaitu efektifnya upaya pencegahan terhadap penurunan infeksi Covid-19 di Samosir," katanya.

Disampaikan, aat ini upaya pencegahan perlu didukung oleh seluruh elemen masyarakat di Samosir dalam berbagai bidang kehidupan sosial.

"Kita tetap mengacu pada keutamaan kesehatan masyarakat sambil mengupayakan pemulihan ekonomi," papar Rohani.

Namun sambungnya, mengingat rendahnya disiplin pelaksanaan protokol kesehatan, gugus tugas Covid-19 Samosir tetap mengajak seluruh masyarakat agar secara bersama-sama meningkatkan pelaksanaan protokol kesehatan setiap waktu terutama pada tempat-tempat kerumunan yang memiliki potensi penularan yang cukup tinggi.

"Mari jangan abai agar masyarakat tetap sehat dan upaya pencegahan berbuah pada menurunnya angka infeksi harian," himbau Rohani Bakkara.

Berikut rincian data kasus infeksi Covid-19 secara keseluruhan di Kabupaten Samosir hingga, Jumat (12/2/2021):

1. Suspek (nihil)
2. Probable (1 orang)
3. Positif aktif (48)
4. Sembuh (106 orang)
5. Meninggal dunia (7 orang).

Data dua kasus konfirmasi positif aktif hari ini, yaitu LET (47) perempuan, tanggal kasus (01/02/2021), warga Desa Parlondut, Kecamatan Pangururan, jalani isolasi mandiri, dan EPS (6) perempuan, tanggal kasus (08/02/2021), warga Desa Parlondut, Kecamatan Pangururan, jalani isolasi mandiri.

Secara keseluruhan, angka kumulatif infeksi Covid-19 di Kabupaten Samosir telah menjadi 161 kasus.