DELI SERDANG - Sehari menjelang perayaan Imlek 2572, yang jatuh pada Jumat (12/2/2021), arus penumpang di Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang masih normal.

Senior Manager of Operation & Service Bandar Udara International Kualanamu, Agoes Soepriyanto mengatakan sejauh ini tidak ada kenaikan yang signifikan meski Imlek tinggal sehari lagi.

"Penerbangan baik domestik atau Internasional masih normal dan lancar," ujar Agoes Soepriyanto ditemui di Bandara Kualanamu, Kamis (11/2/2021).

Agoes menyebutkan berdasarkan data per 10 Februari 2021 (H-2) Imlek, tercatat total flight pesawat 100 dengan rincian domestik 96 dan internasional 4 dengan jumlah penumpang 9.346 orang.

Sementara di tahun 2020 di H-2, kata Agoes tercatat 186 penerbangan dengan rinciannya domestik 141 dan internasional 45 dengan jumlah penumpang 23.224 orang.

"Jumlah penerbangan maupun penumpang H-2 tahun 2021, sangat jauh berbeda dengan 2020. Hal tersebut disebabkan situasi pandemi virus Covid-19 yang masih melanda di Indonesia. Pun begitu, Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Kualanamu terus optimis meningkatkan kembali daya tarik masyarakat untuk menggunakan jasa transportasi udara," sebutnya.

Agoes menambahkan, Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang tetap menerapkan standar pelayanan untuk mendukung keamanan seluruh petugas operasional dan pengguna jasa.

"Selain itu, wujud komitmen nyata dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) melalui pengecekan suhu tubuh bagi pengguna jasa dijalankan di terminal keberangkatan dan kedatangan. Tak lupa juga pengecekan surat hasil rapid test dan PCR test dilakukan secara ketat dengan proses antrean yang sangat baik. Selain itu, meningkatkan kebersihan dan disinfeksi sebelum dan sesudah digunakan serta menyesuaikan jumlah staf yang dialokasikan untuk pelaksanaan pembersihan berdasarkan kapasitas atau volume penerbangan dan penumpang," pungkasnya.