MEDAN - Tim Penggerak (TP)PKK Sumatera Utara bersama TP PKK Sumatera Barat melakukan studi banding ke Gallery Artsari Universitas Sumatera Utara (USU), Selasa (9/2/2021).

Kunjungan ini merupakan tindaklanjut dari audiensi Lembaga Inovasi dan Inkubasi Teknologi Bisnis (LINKS) USU dengan Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara Ny Edy Rahmayadi pada 4 Februari 2021 yang lalu.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan langsung diterima langsung Ketua Dharmawanita USU beserta jajarannya dan juga Ketua LINKS USU.

Ketua Dhamawanita USU, Ny.Novi Muryanto dalam sambutannya mengatakan Dharmawanita USU selalu siap mendukung upaya-upaya positif yang dilakukan civitas akademika USU terutama dalam pemanfaatan produk-produk inovasi USU.

"Pasca kunjungan ini, kami Dharma Wanita USU siap untuk melakukan kerjasama dalam bentuk lainnya guna mempercepat USU menjadi salah satu universitas kategori internasional, tentunya dengan dukungan ibu-ibu Tim Penggerak PKK Sumatera Utara dan Sumatera Barat," ujarnya.

Reza Pahlevi mewakili Tim Penggerak PKK Sumatera Utara mengatakan, kedepannya PKK Sumatera Utara akan menjalin kerjasama untuk memberikan pelatihan inovasi tepat guna di seluruh PKK Kelurahan dan PKK Desa yang ada di 33 kabupaten/kota di Sumut.

"Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Ny Edy Rahmayadi sangat antusias dengan kegiatan yang dilakukan di LINKS USU telah memproduksi, produk-produk yang ramah lingkungan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Inovasi dan Inkubasi Teknologi Bisnis (LINKS) Universitas Sumatera Utara, Ir. Lilis Sukeksi, PhD mengatakan dengan adanya produk inovasi yang telah dicanangkan LINKS USU dapat membantu daerah kecil untuk mandiri dalam mengembangkan produk yang ada di daerah tersebut.

Ia juga mengharapkan kedepannya LINKS USU dapat menjalin kolaborasi yang baik bersama Tim Penggerak PKK Sumatera Utara demi meningkatkan kesejahterakan masyarakat dengan menambahkan unsur teknologi dalam memproduksi barang yang memiliki nilai tambah.

Sekretaris Tim Penggerak PKK Sumatera Barat, Fatmawati merasa terkejut melihat kerjasama yang baik antara PKK Sumatera Utara dengan perguruan tinggi dimana dapat berkolaborasi dalam penguatan UMKM di Sumatera Utara.

"Kunjungan ini menjadi inspirasi bagi PKK Sumatera Barat sebagai gerak awal untuk membangun kerjasama dengan perguruan tinggi, karena banyak hal positif yang perlu kita kembangkan demi meningkatkan kualitas kader PKK," ujar Fatmawati.

Pada kegiatan studi banding tersebut, LINKS USU mengadakan demonstrasi pembuatan sabun yang merupakan salah satu produk inovasi yang diproduksi LINKS USU juga mengajak Tim Penggerak PKK Sumut dan Tim Penggerak PKK Sumbar untuk berkunjung ke lokasi pembuatan sabun dan shampoo yang lokasi disamping Gallery Artsari USU.