TOBA - Kapolres Toba, AKBP Akala Fikta Jaya menggelar rapat koordinasi bersama Forkopimda Kabupaten Toba di Polsek Balige, Selasa (9/2/2021). Rakor ini untuk memuluskan rencana Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro.


Kapolres Toba, AKBP Akala Fikta Jaya menyampaikan, rakor ini diharapkan seluruh lapisan masyarakat sadar dan bisa bekerja sama dalam upaya pencegahan penularan dan penyebaran wabah Virus Corona Covid-19.

"Mari kita bersama sama mematuhi protokoler kesehatan," ajak Kapolres.

Dengan kesadaran dan kemauan bersama, Akala yakin penyebaran Covid-19 dapat dihambat penyebarannya khususnya di Kabupaten Toba.

Selain membahas PPKM, rapat koordinasi ini juga untuk menentukan beberapa daerah yang menjadi zona rawan penyebaran Covid-19, serta untuk melakukan pembuatan Kampung Tangguh di Kabupaten Toba.

Usai rakor, Kapolres Toba bersama unsur Forkopimda melaksanakan penyemprotan cairan desinfektan di beberapa tempat yang sering ramai di kunjungi orang seperti di Masjid Alhadonah Balige, SD I HKBP Balige dan Gedung Serbaguna HKBP Balige.

Selain itu, Kapolres juga mengimbau masyarakat supaya melaksanakan pembatasan kerumunan di tempat/kerja, restoran/rumah makan, tempat Ibadah serta membatasi jumlah keramaian.

Dalam imbauannya, Kapolres menegaskan supaya pusat perbelanjaan/mall, transportasi umum, harus mengatur jumlah dan kapasitas pengunjungnya.

"Untuk beberapa sektor esensial tetap beroperasi 100%, tetapi harus menaati dan melaksanakan prokes. Jadi untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19, diwajibkan sesuai peraturan baru pelaksanaan PPKM berbasis mikro. Ini harus dilaksanakan sampai di tingkat desa, RT/RW dan dusun untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 serta memutus mata rantai penyebaran dan penularannya," tukasnya.

Rakor ini juga dihadiri Kabag Ops Polres Toba AKP Jhony Andies Siregar, Kasat Intelkam Polres Toba AKP Antoni Rajagukguk, Danramil 17 Balige Kapten Arh Poltak Pardede, Kapolsek Balige AKP Agus salim Siagian, Kadis Kesehatan dr. Juliwan Hutapea, Kabid Darlog BPBD Nelli Tobing, Kasat Pol PP J Broztito Sianipar dan beberapa Anggota BPBD Kabupaten Toba.