TOBA - Sebanyak 241 tenaga kesehatan (nakes) di RSUD Porsea di jajaran Pemkab Toba menjalani vaksinasi Covid 19 di hari pertama, Senin (8/2/2021) di Ruang Perawatan VVIP RSUD Porsea.
Vaksinasi nakes ini terdiri dari dokter specialis, dokter umum, dokter gigi, tenaga keperawatan, bidan, Manajemen Kepegawaian RSUD Porsea, tenaga pendukung dan penunjang kesehatan lainnya, tenaga kesehatan lainnya, para ASN dan honorer.

"Pelaksanaan vaksinasi kepada seluruh tenaga kesehatan RSUD Porsea digelar dengan cara bertahap dalam waktu seminggu kedepan," ungkap Kabid Pelayanan Medis RSUD Porsea dr.Antoni O.H Manurung.

Sementara, Direktur RSUD Porsea dr.Tomy Siahaan menjelaskan, vaksinasi di tahap pertama yang akan divaksin sejumlah 106 tenaga kesehatan RSUD Porsea.

"Untuk vaksinasi perhari sejumlah 30 orang dengan 2 sesi vaksinasi perharinya (sesi pertama pukul 08.30 - 10.30 dan sesi kedua pukul 13.00 - 15.00) dengan tetap menjalankan protokoler kesehatan," ujar dia.

Tomy juga mengaku, vaksinasi Covid-19 tetap mengutamakan prokes dan tidak sampai mengganggu pelayan medis kepada masyarakat umum.

Sebagaimana diketahui, Tenaga Vaksinator RSUD dilakukan Karmaita Saragih, dibantu Emma Veronika Hutagaol. Di mana, kedua tenaga medis yang diberi tugas dan tanggung jawab selaku Vaksinator Vaksin Covid-19 telah mendapat pelatihan dan pendidikan dari Kementerian Kesehatan di Medan tentang tata cara pelaksanaan penyuntikan hingga pemantauan pasien penerima vaksin dalam waktu setengah jam setelah disuntikan Vaksin Covid-19.