TOBA - Empat dari 10 penerima vaksinasi perdana di Kabupaten Toba dinyatakan gagal. Keempatnya terpaksa ditunda beberapa hari berikutnya.

Demikian terungkap saat pencanangan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Toba Jumat (5/2/2021) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba.

Adapun keempat pejabat yang ditunda vaksinasi yakni Kajari Toba Robinson Sitorus, Ketua PN Balige Lenny Megawati Napitupulu, perwakilan MUI Kabupaten Toba Shofan Asmadi Nasution dan Asisten III Pemkab Toba Parulian Siregar.

Kepala Dinas Kesehatan Toba, dr.Juliwan Hutapea kepada wartawan menjelaskan, gagal dan ditundanya ke 4 penerima vaksinasi perdana ini karena ketidakhadiran Ketua PN Balige yang sedang menghadiri agenda kerja di tempat lain.

"Kajari Toba Robinson Sitorus, gagal dan ditunda vaksinasi, karena beliau meminum obat batuk sebelumnya. Asisten III Pemkab Toba Parulian Siregar juga gagal dan ditunda, karena mengalami flu dan tensi darah naik serta Sofhan Asmadi Nasution perwakilan MUI Kabupaten Toba juga gagal dan ditunda karena tensi darahnya naik," ungkap Kadis.

Oleh karena itu, sambung Juliwan, pihaknya akan menjadwal ulang vaksinasi kepada pada Senin (8/2/2021) depan. "Untuk yang divaksin hari ini, tinggal menunggu jadwal vaksinasi tahap kedua setelah 14 hari kedepan," tutur Juliwan.

Juliwan juga menjelaskan, seluruh masyarakat yang nantinya akan menerima vaksin akan discreening ulang serta diimbau tetap menjaga kesehatan dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan sebelum divaksin dan sesudah divaksin.

Sementara itu, Kabag Ops AKP Jhony A Siregar, usai vaksinasi Sinovac perdana mengaku, tidak ada mengalami kendala apapun. "Sampai dilakukan observasi selama setengah jam, juga tidak ada mengalami hal yang lain, semua berjalan baik aman dan lancar," ungkapnya kepada Gosumut.

Dalam imbauannya, Jhony mengajak, seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung dan sukseskan vaksinasi Covid-19. "Jangan takut untuk disuntik vaksin. Vaksinasi ini dilaksanakan pemerintah demi menjaga keselamatan dan kesehatan kita semua dari paparan wabah pandemi Covid-19," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, 10 orang pertama penerima vaksin Covid-19 ini antara lain, Kepala Kejaksaan Negeri Toba Robinson Sitorus, Ketua PN Balige Lenny Megawati Napitupulu, mewakili DANDIM 02/10 TU Pabung Mayor Inf Kaminton Napitupulu, mewakili Kapolres Toba AKP Jhony Andries Siregar, Wakil Ketua DPRD Candrow Manurung, mewakili Mahasiswa/Pemuda Kabupaten Toba Lestari Taruly Sirait, Asisten 3 Parulian Siregar, Perwakilan MUI Kabupaten Toba Shofan Asmadi Nasution, mewakili Pendeta dari Agama Protestan Pdt.Same Siahaan, mewakili Katolik Pastor Kardi Nainggolan Ofm.Cap.