TAPUT - Untuk penerima vaksin perdana Covid-19 akan dilaksanakan di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Taput, Jumat(5/2/2021). Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si bersama Forkopimda dan perwakilan tokoh agama siap penerima perdana Vaksin Sinovac.

Kepala Dinas Kesehatan Taput, Alexander Gultom kepada wartawan mengatakan sebanyak 3.400 vial vaksin Sinovac tiba di Kabupaten Taput Rabu (3/2/2021) dini hari dan disambut langsung Bupati Taput, didampingi beberapa pejabat daerah Pemkab TAPUT dan Pimpinan Forkopimda.

“Vaksin Sinovac sebanyak 3.400 vial yang telah tiba dini hari tadi selanjutnya disimpan di gudang Farmasi Kantor Dinas Kesehatan Taput sebelum dibagikan ke setiap Puskesmas untuk dilakukan suntikan vaksinasi kepada seluruh tenaga kesehatan Pemkab Taput," terang Alexander Gultom.

Sebanyak 3.400 vial vaksin ini diperuntukkan untuk 1700 penerima perdana tenaga kesehatan untuk dua tahap. Direncanakan, pencanangan dan awal perdana vaksin akan dilakukan di rumah Dinas Bupati dengan melibatkan tim satuan tugas Covid-19 Taput. Selanjutnya vaksinasi dilakukan kepada tenaga kesehatan pada Sabtu tanggal 6 Februari 2021.

Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara telah mempersiapkan Fasyankes sebagai pelaksana sebanyak 21 UPT Puskesmas dan Klinik Kodim TU yang sudah didaftarkan dan mendapat ID Aplikasi P.Care BPJS.

Sebelum divaksin, penerimaan vaksin akan diwawancarai vaksinator dan dokter yang bertugas dengan 15 pertanyaan untuk screening, sesuai perencanaan untuk vaksinasi Covid-19 tenaga Kesehatan harus tuntas pada 21 Desember. Usai Nakes Kabupaten Taput, akan dilanujutkan vaksinasi bagi masyarakat Tapanuli Utara dengan melibatkan empat orang dokter dari Dinas Kesehatan yang sudah dilatih.

Lebih lanjut dikatakannya, pasien yang tidak bisa disuntik vaksin Sinovac berdasarkan pertanyaan dan keterangan yang dicantumkan, terdiri dari 16 item. Diantaranya adalah, terkonfirmasi menderita Covid-19, ibu hamil atau menyusui, mengalami gejala ISPA, seperti batuk, pilek, sesak napas dalam 7 hari terakhir, memiliki riwayat alergi berat atau mengalami gejala sesak napas, bengkak, dan kemerahan setelah divaksinasi Covid-19 sebelumnya (untuk vaksinasi ke-2), menderita penyakit jantung.

Kemudian, penderita penyakit autoimun sistemik, penyakit ginjal, penyakit Reumatik Autoimun, penyakit saluran pencernaan kronis, penyakit kanker, kelainan darah, disaat dilakukan pengukuran tekanan darah didapati hasil 140/90 atau lebih, menderita HIV dengan angka CD4 kurang dari 200 atau tidak diketahui.