TOBA - Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Toba diberangkatkan menjemput 2.000 paket Vaksin Sinovac ke Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sumut di Medan, Selasa(2/2/2021).

penjemputan Vaksin Satgas Cobid-19 Kabupaten Toba yang diberangkatkan dari Mako Polres Toba sekira pukul 16.30 Wib ini, tersebut terdiri dari Dinas Kesehatan dan BPBD dan dipimpin langsung Kadis Kesehatan Toba, Juliwan Hutapea dengan mendapatkan pengawalan ketat Patwal jajaran personil Polres Toba.

Seluruh berangkat, tim apel bersama di Mako Polres Toba dipimpin Kabag Ops. AKP Jhonny Andreas Siregar.

Dalam arahannya Kabag Ops menegaskan agar supaya seluruh personil Kepolisian jajaran Polres Toba yang tergabung dalam penjemputan vaksin mengedepankan serta mengutamakan keselamatan.

"Utamakan keselamatan orang dan vaksin hingga sampai di Toba, jadi selama dalam perjalanan jangan terlalu mengebut perhatikan keselamatan masyarakat pengguna jalan lainnya," pesan Jhonny.

Kadis Kesehatan Toba, dr. Juliwan Hutapea mengakui adanya perubahan jadwal penjemputan vaksin Sinovac ke Medan. Hal ini setelah rapat koordinasi dengan Kementerian Kesehatan secara virtual, pada Minggu (31/1/2021).

"Sesuai informasi dari pusat diberitahukan untuk percepatan vaksinasi. sebelumnya Kabupaten Toba dijadwalkan untuk penjemputan vaksin pada tanggal 5 Februari namun ada perobahan waktu dipercepat penjemputannya menjadi tanggal 3 Februari. Percepatan penjemputan ini dilaksanakan di seluruh kabupaten yang ada di Indonesia tidak terkecuali di Kabupaten/Kota di Sumatera Utara," ungkap Juliwan.

Sesuai hasil komunikasi dengan Kemenkes RI lanjutnya, Kabupaten Toba mendapatkan 1.000 Vaksin Sinovac untuk sekali vaksin. Selanjutnya, setelah 14 hari akan dilakukan vaksinasi tahap kedua 1000 vaksin. 

 

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Toba, sebanyak 1.411 orang tenaga Kesehatan. Namun untuk tahap pertama hanya 990 tenaga medis yang akan divaksin, sementara 10 orang lainnya adalah Pimpinan Forkopimda dan mewakili tokoh agama dan tokoh masyarakat Toba.

Sedangkan untuk 421 tenaga medis yang belum tercover dalam vaksinasi tahap pertama, akan dijadwal ditahap diselanjutnya.

Untuk jadwal pelaksanaan vaksinasi juga dipercepat pelaksanaannya. Dari jadwal yang direncanakan Selasa(9/2) menjadi Jumat (5/2) di Pendopo rumah Dinas Bupati Toba.