SERGAI - Pelayanan yang diberikan petugas kesehatan di Pukesmas Sialang Buah di Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, mengecewakan pasien. Pasalnya, pegawai yang melakukan pelayanan terhadap pasien dengan menggunakan BPJS dan non BPJS (umum), diduga kurang memuaskan pasien yang ingin berobat dan terkesan mempersulit dalam perobatan.

Pantauan GoSumut, Jumat (29/1) sekira pukul 10.00, terlihat para pasien yang ingin berobat harus menunggu beberapa menit. Padahal para pegawai sudah terlihat stadby, namun tidak berada di ruang pendaftaran pukesmas tersebut.

Selang beberapa menit, terlihat pegawai baru masuk ke ruangan pendaftaran dan menanyakan kepada para pasien.

Dari amatan di lokasi, pihak puskesmas lebih cenderung mempertanyakan administrasi seperti dokumen dan kelengkapan lainnya daripada menanyakan keluan si pasien. Apalagi, para pasien sudah sejak lama menunggu antrian.

Setelah dilakukan pengecekan, pegawai Pukesmas selanjutnya menanyakan keluhan pasien.

Saat pasien ingin mencabt gigi, secara spontan pegawai pukesmas langsung menjawab tidak bisa karena situasi saat ini masih Covid-19. Hal ini pun lantas menyulut emosi keluarga pasien.

"Jika ibu terlebih dahulu menanyakan penyakit pasien, kami tidak lama lama menunggu di sini," ketus orangtua pasien dan langsung pergi sembari mengambil dokumen KTP di ruang pendaftaran.

Kepada GoSumut, orangtua pasien Siti (28) warga Desa Sei Buluh di lokasi merasa kecewa dengan pelayanan Puskesmas Sialang Buah.

"Kecewa sekali dengan pelayanan Pukesmas Sialang Buah, banyak kali aturannya saat berobat. Kemaren kita pakai BPJS juga banyak aturan, inilah, itulah, ini pakai umum juga sama banyak kali aturanya dan persyaratan. Padahal pakai umum bukan pakai BPJS," keluh Siti.

Seharusnya, kata Siti, pegawai pukesmas terlebih dahulu menanyakan penyakit yang dialami para pasien, bukan menanyakan dokumen maupun persyaratan.

"Gimana kalau pasien yang darurat penyakitnya, apakah harus ditanyakan dokumennya dulu," kesalnya.

Menanggapi hal ini, Kapus Sialang Buah, Dr. Naomi Manalu saat dikonfirmasi terkait terhadap pelayanan pasien BPJS maupun Non BPJS, mengaku pelayanan yang diberikan tetap sama.

Begitupun, Naomi belum bisa memberikan jawaban saat disinggung apakah pelayanan tetap sama jika kondisi pasien dalam keadaan darurat dan mengedepankan administrasi terlebih dahulu.