SERGAI - Kepala Puskesmas Sialang Buah, dr. Naomi Manalu akan melakukan pemanggilan terhadap petugas pelayanan pasca diberitakan mengecewakan pasien non BPJS.

"Kapan kejadiannya? atas nama siapa biar saya cek, di pukesmas ada kotak saran, kalau pelayanan tidak memuaskan di masukan ke kotak saran. Terima kasih untuk masukannya. Saya akan panggil petugasnya," aku Naomi ketika dikonfirmasi Gosumut, Jumat (29/1/2021).

Namun sebelumnya, menanggapi jika ada pasien dalam keadaan darurat yang harus dilakukan jika persyaratan maupun dokumen yang harus dilengkapi pihak pegawai pukesmas, Naomi mengaku, pasien gawat darurat ditangani dulu.

"Kalau puskesmas tidak sanggup, langsung dirujuk. Tapi kalau berobat biasa tetap membawa kartu berobat seperti KTP dan KK. Jadi bedanya hanya di kartu saja, kalau ada kartu BPJS tidak bayar. Kalau tidak ada kartu BPJS bayar sesuai dengan PAD," cetusnya.

Seperti diberitakan, pelayanan yang diberikan petugas kesehatan di Pukesmas Sialang Buah di Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, mengecewakan pasien.

Pasalnya, pegawai yang melakukan pelayanan terhadap pasien dengan menggunakan BPJS dan non BPJS (umum), diduga kurang memuaskan pasien yang ingin berobat dan terkesan mempersulit dalam perobatan.

Pantauan GoSumut, Jumat (29/1) sekira pukul 10.00, terlihat para pasien yang ingin berobat harus menunggu beberapa menit. Padahal para pegawai sudah terlihat standby, namun tidak berada di ruang pendaftaran pukesmas tersebut.

Selang beberapa menit, terlihat pegawai baru masuk ke ruangan pendaftaran dan menanyakan kepada para pasien.

Dari amatan di lokasi, pihak puskesmas lebih cenderung mempertanyakan administrasi seperti dokumen dan kelengkapan lainnya daripada menanyakan keluhan si pasien. Apalagi, para pasien sudah sejak lama menunggu antrian.