DELI SERDANG - Persoalan tanah menjadi motif seorang seniman menghabisi nyawa petani di Kecamatan Gunung Meriah, Deli Serdang, beberapa waktu lalu.

Fakta itu terungkap dari pengakuan tersangka ESS alias Edi saat diinterogasi Wakapolresta Deli Serdang, AKBP Julianto P Sirait yang dihadirkan dalam konferensi pers kasus pembunuhan Ngasil Tarigan.

"Apa motif kamu membunuh korban," tanya Wakapolresta kepada Edi Sanjaya Sembiring yang sebelumnya berhasil diamankan Tim Jatanras Satreskrim Polresta Deli Serdang di tempat persembunyiannya Desa tengah Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi, Jumat (23/1/2021).

Menjawab mantan Kapolres Tanah Toraja ini, tersangka mengaku membunuh karena Ngasil Tarigan menentang akan dibangun proyek pembangunan perumahan dan pembibitan bawang di tanah gunung starge.

"Ngasil Tarigan tidak setuju atas rencana tersebut. Di situ lah, kami cekcok mulut hingga berkelahi. Aku emosi yang kemudian menghabisi nyawanya dengan cara memukul dan membeturkan kepala," ucap Edi Sanjaya Sembiring.

Wakapolresta Deli Serdang, AKBP Juliato P Sirait mengungkapkan, kepentingan pelaku atas tanah gunung starge membawa investor untuk membangun perumahan di lokasi dimaksud.

"Pelaku berupaya melobi kepada korban yang menempati tanah gunung starge di Dusun I Desa Simempar, Kecamatan Gunung Meriah. Tetapi, dia (Ngasil Tarigan) tidak setuju sehingga timbul permasalahan berujung pembunuhan," ungkap mantan Kanit IV Subdit III Dittipidum Bareskrim Polri ini.

Imbas perbuatan, pelaku dijerat pasal 351 ayat (3) KUHPidana.

"Bersangkutan terancam hukuman maksimal 15 tahun kurungan panjara," pungkas Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1999 ini.

Sebelumnya, Ngasil Tarigan (68) yang berprofesi sebagai petani ditemukan tewas di dalam gubuk Dusun I Desa Simempar, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (10/9/2020).

Diduga, pria berusia 68 itu dibunuh. Dugaan tersebut dikuatkan dengan jasad korban saat ditemukan kondisi ada ceceran darah di tubuhnya.

Belakang kematian warna Dusun III Desa Jambur Pulau, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdangbedagai ini ada titik terang. Ternyata korban tewas dibunuh oleh Edi Sanjaya Sembiring yang sudah diamankan Polresta Deli Serdang.