SAMOSIR - Informasi terkini dari gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Samosir, masih terjadi penambahan kasus positif sebanyak 2 orang dengan total kasus positif sudah mencapai 24 orang hingga Kamis(21/1/2021).


Berikut rilis perkembangan kasus infeksi Covid-19 yang disampaikan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Samosir yang diterima dari Dinas Kesehatan Samosir, pukul 14.00 Wib. Secara kumulatif, jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Samosir menjadi 98 kasus.

Ada penambahan 2 kasus baru positif aktif dan nihil sembuh dengan data, suspek (nihil), probable (1 orang), positif aktif (24 orang), sembuh (69 orang), dan meninggal dunia (5 orang).

Berikut data penambahan dua kasus positif aktif:

1. EM (37) perempuan, tanggal kasus (18/1/2021), warga Desa Pardomuan I, Kecamatan Pangururan, jalani isolasi mandiri.

2. AB (23) perempuan, tanggal kasus (18/1/2021), warga Pintu Sona, Kecamatan Pangururan, jalani isolasi mandiri.

Jumlah kasus positif masih tinggi, untuk itu gugus tugas Covid-19 Samosir memberi penekanan ulang kepada seluruh masyarakat Samosir, kasus positif aktif sudah mencapai 24 orang dengan rata-rata usia 40 tahun, usia tertinggi 74 tahun, usia terendah 17 tahun, perempuan 16 orang, laki-laki 8 orang, dan usia di atas 50 tahun (usia lanjut) 5 orang.

"Mari kita jaga agar infeksi ini tidak meluas lagi dengan tetap melakukan protokol kesehatan ketika berinteraksi di luar rumah, terutama pada kerumunan-kerumunan tempat dimana potensi penularan relatif tinggi seperti onan (pasar), acara adat (sukacita atau dukacita), dan/atau tempat kerumunan lainnya," himbau juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Samosir, Rohani Bakkara.

Dijelaskan, cara terbaik mencegah Covid-19 hingga saat ini adalah protokol kesehatan yang benar-benar dilakukan pada setiap kegiatan.

"Oleh karena itu, mari kita hidupi protokol kesehatan secara lebih serius lagi dibandingkan pada hari-hari sebelumnya agar upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 berhasil kita lakukan di Samosir yang kita cintai ini," tutup Rohani Bakkara.