ASAHAN - Pelayanan kesehatan adalah kebutuhan dasar masyarakat. Masyarakat juga tentunya ingin mendapatkan derajat kesehatan yang baik.


Dari itu, Komisi B, DPRD Kabupaten Asahan melakukan monitoring di RSUD H. Abdul Manan Simatupang (HAMS) Kisaran dan Puskesmas Mutiara, Kecamatan Kisaran Timur, Rabu (20/1/2020).

Monitoring ini dilakukan langsung oleh Ketua Komisi B, Jansen Hutasuhut dan beberapa anggota seperti Rippy Hamdani, Juliamin, Sukimin, Abd Razaq dan Nilawati.

Jansen mengatakan, tujuan monitoring tersebut adalah menampung keluhan masyarakat. Kemudian melihat fasilitas kesehatan dan BPJS Kesehatan.

Menurutnya, adapun hasil monitoring tersebut bervariasi. Terdapat beberapa keluhan masyaraka berupa kekecewaan dan pelayanan yang belum memadai. Namun, ada juga masyarakat yang merasa cukup terlayani.

"Kita tentunya, pelayanan kesehatan tetap harus terbaik yang diberikan kepada masyarakat," harap Jansen.

Kemudian, selain tempat pelaksanaan, di Puskesmas Mutiara, Kecamatan Kisaran Timur terdapat keluhan para tenaga medisnya. Keluhan tersebut berupa APD yang tak pernah difasilitasi.

"Kita juga mendapati keluhan tenaga medis di Puskesmas Mutiara. Mereka tak pernah mendapatkan APD, APD itu dibeli masing-masing dan tidak sekali pakai," terangnya.

Di tempat yang sama, Nilawati yang juga Anggota Komisi B menegaskan akan melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) terhadap Dinas terkait untuk membahas hasil monitoring ini termasuk persediaan APD.

"Kita juga akan memanfaatkan pokok pikiran kita untuk menangani masalah ini," ujarnya.

Menurutnya, pelayanan masyarakat harus maksimal dan tidak ada kekecewaan. Begitu juga dengan tenaga medis, harusnya terfasilitasi APDnya.

Senada dengan Rippy Hamdani, ia juga sependapat atas pelayanan kesehatan yang maksimal. "Pasien harus dilayani dengan baik. Kami tidak mau pasien ditelantarkan, baik itu pasien umum maupun BPJS," terangnya.

Terakhir Rippy membeberkan, monitoring ini akan terus berlanjut kedepannya hingga ke 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan.

"Kita pasti akan sambangi setiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Asahan ini, demi tercapainya pelayanan kesehatan yang baik," tutupnya.