DELI SERDANG - Tengku Aldila Zerini, seorang mahasiswa ilmu kesejahteraan sosial Fisip USU melakukan PKL 2 di Kantor Camat Pagar Merbau.

Dalam kegiatan itu, Aldila mendorong masyarakat yang berstatus sebagai ibu rumah tangga dan pemuda yang ada di kecamatan tersebut, untuk terampil dan berinovasi.

"Apalagi, di masa pandemi covid 19 yang masih berlangsung ini mengakibatkan permasalahan di berbagai sektor. Salah satunya sektor ekonomi di masyarakat," ucap Aldila dalam siaran pers yang diterima redaksi, Kamis (14/1/2021).

Untuk itulah, Tengku Aldila memberikan sebuah inovasi kepada masyarakat. Dari asesmen yang dilakukan, banyak masyarakat yang terkendala ekonominya di Kecamatan Pagar Merbau khususnya di Desa Pagar Merbau 1.

Oleh karena itu, Aldila membuat inovasi berupa pengolahan ampas kedelai menjadi nugget. Kegiatan ini mengikutsertakan beberapa ibu rumah tangga dan pemuda. Kegiatan dilakukan dengan pembuatan nugget secara langsung dan ada juga yang melalui sebuah video.

Jika biasanya harga ampas kedelai hanya berkisar Rp.1000 per kilogramnya, namun setelah diolah bisa dijual dengan harga hingga puluhan ribu rupiah.

"Cara membuatnya mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal, selain itu rasanya juga enak," ujar Marsini salah satu masyarakat

Dampak yang dihasilkan, masyarakat mempunyai skill dan keterampilan baru.
Harapan dari kegiatan ini masyarakat dapat memberdayakan dirinya dengan menerapkan skill yang sudah diperoleh agar dapat menambah penghasilan di tengah pandemi.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu para petani kedelai untuk meningkatkan penjualan kedelai di tengah pandemi.

Di akhir kegiatan masyarakat berterimakasih kepada Aldila, karena telah memberikan skill dan masyarakat mengaku puas dengan hasil nugget yang dihasilkan.

Di sisi lain, kegiatan PKL yang dipimpin Mia Lubis, S.sos, M. Kessos selaku pengawas utama (supervisor) dan dosen prodi ilmu kesejahteraan sosial fisip USU, juga ikut berpartisipasi dalam rangka razia masker di beberapa desa di Kecamatan Pagar Merbau.

Razia masker ini melibatkan pihak kepolisian dari Bhabinkamtibmas Polsek Pagar Merbau, Babinsa, sekretaris camat, dan beberapa aparatur dari kantor camat dan kantor desa.

Kegiatan ini dilakukan guna menertibkan dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya menggunakan masker dimasa pandemi ini untuk mencegah tertularnya virus Covid-19.

Dengan dilakukannya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat selalu mematuhi protokol kesehatan kemanapun dan di manapun.