DELI SERDANG - Sebanyak 40.000 dosis vaksin Sinovac telah tiba di Bandar Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa (5/1/2021) pagi.
Pantauan Gosumut, petugas kargo tampak melakukan pengawasan satu persatu dosis vaksin saat turun dari pesawat hingga masuk ke container box kargo Lion Air di area Apron Bandara Kualanamu dan selanjutnya dibawa ke Terminal Kargo Bandara Kualanamu.

Khairil, petugas kargo Lion Air mengatakan, ribuan dosis vaksin dibawa dengan maskapai Lion Air JT 210 dan tiba di Bandara Kualanamu pukul 06.50 WIB.

"Sebanyak 21 coli dengan berat 772 kilogram dosis vaksin dari Jakarta sudah tiba," ujar Khairil ditemui di Terminal Kargo Bandara Kualanamu.

Ia menambahkan, ribuan dosis vaksin ini nantinya akan dibawa ke Medan.

"Sejumlah petugas Den Gegana Brimob Polda Sumut tampak juga mengawas ribuan doksis vaksin di Terminal Kargo Bandara Kualanamu. Untuk tempat persisnya dibawa ke mana tak tahu," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sumatra Utara, Alwi Mujahit Hasibuan, mengatakan, peruntukan vaksin itu masih untuk sementara masih terbatas bagi para tenaga medis saja.

Hal itu, kata Alwi sesuai Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) Nomot HK.01.07/Menkes/12757/2020 tentang Penetapan Sasaran Pelaksanaan Vaksin Covid-19.

"Sebelum disuntikkan kepada para tenaga medis, vaksin covid itu akan disimpan di ruangan khusus yang sesuai dengan standar penyimpanan," ujarnya, Senin (4/1/2021).

Untuk diketahui, PT Biofarma telah mendistribusikan vaksin Sinovac ke-12 provinsi di Indonesia, Minggu (3/1/2021), di antaranya ke Sumatera Barat, Jambi, Sumatra Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Banten serta Sumatra Utara.