SURABAYA - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa positif Corona. Khofifah diketahui tes swab mingguan pada 31 Desember 2020 dan hasilnya keluar pada 1 Januari 2021.

Khofifah mengumumkan dirinya positif Covid-19 di status akun Instagram pribadinya @khofifah.ip pada pukul 16.40 Wib. Ia mengaku tidak memiliki gejala dan telah melakukan isolasi mandiri saat ini.

"Berdasarkan hasil swab reguler mingguan, saya dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Tidak ada gejala yang saya rasakan. Saat ini, saya menjalani isolasi mandiri," demikian isi status di akun Instagram Khofifah melansir detikcom, Sabtu (2/1/2021)..

Sementara Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jatim, Aries Agung Paewai yang dilansir detikcom, mengatakan hasil swab tersebut keluarnya kemarin, (1/1/2021).

"Itu kemarin (1/1) kan hasilnya keluar. Berarti kemarin itu tanggal 31 melaksanakan swab," ujar Aries.

Meski telah dinyatakan positif, lanjut Aries, pihaknya mengaku tidak mengetahui di mana tepatnya Khofifah tertular Covid-19. Sebab beberapa hari terakhir full kegiatan.

"Kita gak tahu. Karena aktivitas Ibu Gubernur selama ini frekuensinya sangat tinggi. Pertama beliau ada kegiatan mengecek langsung ke lapangan beberapa rumah sakit yang disiapkan untuk penanganan pasien Covid-19," terangnya.

"Kedua beliau kan juga fokus pada pemulihan ekonomi di Jatim. Dua-dua hal tersebut bergandengan yang dilaksanakan beliau. Dan beliau selama satu bulan ini full berinteraksi dengan masyarakat," imbuh Aries.

Karena padatnya kegiatan itu, lanjut Aris, interaksi tidak bisa dihindarkan. Namun demikian, Aries menyebut dalam setiap kegiatannya, Khofifah selalu menerapkan protokol kesehatan.

"(Interaksi) tak dapat dihindari. Tapi kan beliau menerapkan betul protokol kesehatan baik yang dilaksanakan di luar Surabaya maupun di Grahadi sendiri," pungkas Aries.