MEDAN - Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK UISU) menggelar judisium dan sumpah sebanyak 48 dokter baru yang dilaksanakan di kampus Kedokteran Jalan STM, Rabu (30/12/2020) pagi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sidang senat terbuka acara tunggal Judisium dan Sumpah dokter ini dibuka Ketua Senat FK.UISU dr. Tri Makmur, Sp.S.

Mengawali sambutannya, Dekan FK UISU, dr Indra Janis MKT mengucapkan puji syukur kehadirat Ilaahi Robbi yang telah memberikan kenikmatan, baik nikmat iman dan Islam ataupun nikmat sehat wal’afiat, sehingga pada hari ini dapat melaksanakan judisium sumpah dokter tanpa satu halangan apapun.

"Sumpah Dokter Indonesia adalah sumpah yang dibacakan oleh seseorang
ketika akan menjalani profesi sebagai dokter secara resmi. Sumpah dokter ini tak hanya berkenaan dengan tanggung jawabnya menjalani profesi dokter, tapi juga menjunjung nilai-nilai kemanusiaan yang begitu tinggi," ujar Dekan.

Dalam menjalani profesinya, imbuh Dekan, seorang dokter juga memiliki kode etik sendiri. Bagaimana pun tugas seorang dokter tidak bisa dianggap ringan. Tanggung jawabnya sangat besar. Belum lagi dengan risiko yang juga harus ditanggung berkenaan dengan nyawa manusia.

"Meski begitu, ketika seseorang menjalani profesinya sebagai dokter dengan sungguh-sungguh, pastinya ia akan menjaga isi sumpah dokter dan mematuhi etika kedokteran. Dan sekarang kalian sudah berhak memakai gelar dokter," ungkap Dekan.

Di sisi lain, Dekan juga menjelaskan, dokter yang baru disumpah pada hari ini adalah alumni ke 5.700.

"Perjalanan saudara tidak hanya memperoleh gelar dokter saja, namun kami mengharapkan dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu pendidikan magister maupun spesialis. Karena FK.UISU dengan akreditasi B tidak ada halangan lagi untuk melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi," jelasnya.

Di samping itu, Dekan meminta para lulusan yang juga sebagai alumni FK.UISU, harus menjaga nama baik almamater di manapun berada. Karena apabila alumni FK.UISU disenangi masyarakat, tentunya akan menjadi nilai tambah dan promosi bagi UISU secara umumnya dan FK.UISU khususnya.

"Berikutnya kalian akan mengikuti wahana interenship di daerah, ilmu yang kalian peroleh saat menuntut ilmu di FK.UISU dapat kalian gunakan dalam menangani pasien secara optimal dan selalulah terus mengikuti perkembangan ilmu kedokteran yang dinamis," pesannya.

Sekali lagi, Dekan mengucapkan selamat atas gelar dokter yang telah disandang para lulusan dan terima kasih juga kepada para orangtua yang telah mempercayai putra putinya untuk dididik di FK.UISU.

"Secara khusus kami juga mengucapkan terima kasih kepada sejawat dr. Dian Indah Lestari dengan nilai IPK 3,91 dan dr. Rohatil Jannah Mtd dengan nilai UKMPPD CBT tertinggi 80. Semoga pertemuan kita hari ini diridhoi Allah Subhana Wata'allah...Aamiin," tutupnya.

Sementara itu, Rektor UISU DR Yanhar Jamaluddin MAP menyampaikan, ukuran untuk menentukan mutu pelayanan medis itu harus berstandar nasional maupun internasional.

"Saya pikir untuk mewujudkan mutu pelayanan kesehatan yang baik itu adalah adanya peran dari dokter dokter yang memberikan pelayanan terbaik dan tak terlepas dari itu para dokter yang beretika dan berakhlak. Karena menurut saya, pelaksanaan pelayanan itu haruslah didukung dengan pemberian pelayanan yang maksimal dengan cara performance yang baik, beretika dan berakhlak dari para dokter," ucap Rektor.

Oleh karena itu, Rektor berpesan kepada para dokter yang baru diambil sumpahnya, jadilah sebagai dokter yang beretika dan berakhlak. "UISU sebagai lembaga perguruan tinggi yang berasaskan pancasila dan ajaran islam, maka kita meminta para lulusan ini bekerja dengan mengedepankan etika dan berakhlak mulia. Saya yakin dengan sikap seperti itu, ini akan mempercepat atau membantu pemberian pelayanan yang maksimal kepada pasien atau penderita," tambahnya.

Disamping judisium dan sumpah dokter luring, prosesi ini juga diikuti secara daring oleh orangtua dari 48 dokter baru.

Hadiri juga Rektor UISU DR Yanhar Jamaluddin MAP, Wakil Rektor ADI, STK, KAK. KSI UISU, Ketua Senat Fakultas Kedokteran UISU, Sekretaris Senat Fakultas Kedokteran UISU, Kepala Bagian Fakultas Kedokteran UISU, Ka. Prodi Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran UISU, Ka. Prodi Protesi Dokter Fakultas Kedokteran UISU, Direktur RSUD. Dr. Pirngadi Medan, Ketua Komkordik RSUD. Dr. Pirngadi Medan, Direktur RSU. Haji Medan, Ka Diklat RSU. Haji Medan, Ka. Rumkit Bhayangkara Tk.II, Kepala Instaldik Rumkit Bhayangkara Tk.II, Ka. Rumkit Tk.II Putri Hijau Kesdam I/BB, Kepala Instaldik Rumkit TK.II Putri Hijau Kesdam I/BB dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan.