DELI SERDANG - Pemerintah Kabupaten Deli Serdang tetap berencana melaksanakan proses belajar mengajar dengan tatap muka pada tahun 2021.

Padahal, Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi dalam keteranganya belum memutuskan untuk proses belajar tatap awal tahun nanti. Hal tersebut dikarenakan masih perlu kajian lebih mendalam terkait bisa tidaknya dibuka belajar tatap muka di masa pandemi virus corona yang masih mewabah saat ini.

Sekretaris Daerah Kabupaten Deli Serdang, Darwin Zein yang dikonfirmasi seputar proses belajar tatap muka pada awal tahun mengatakan, pihaknya tetap akan melaksanakannya.

"Kita tetap melaksanakan belajar tatap muka, tapi pelaksanaannya dalam kajian bersama Satgas Covid," jawab Darwin Zein dihubungi melalui sambungan selulernya, Senin (21/12/2020).

Ia menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang sejauh ini masih melakukan kajian proses belajar tatap muka.

"Yang jelas dalam hal proses belajar mengajar dengan tatap muka, kita juga menunggu instruksi dari pimpinan. Tapi direncanakan tetap akan dibuka," sebut Darwin Zein.

Ditanya bagaimana langkah Pemkab Deli Serdang bila orangtua siswa ada keberatan dibukanya belajar tatap muka, Darwin mengemukakan, mengenai disetujui atau tidaknya dilakukan kajian lebih dalam lagi.

"Kalau mereka (orangtua siswa) ada keberatan dengan proses belajar mengajar dengan tatap muka, tidak mungkin harus dipaksakan. Oleh karenanya, hal tersebut tentu perlu dibahas disetujui atau tidaknya," ujarnya.

Sebagai diketahui, surat edaran keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri RI nomor 04/KB/2020 dan nomor 737 Tahun 2020, memperbolehkan sekolah tatap muka, namun tetap mengikuti petunjuk dari pemerintah daerah setempat yang memiliki Satgas Covid-19.