ASAHAN - Bupati Asahan H. Surya, BSc meminta PT Inti Palm Sumatera (IPS) segera menyahuti permintaan masyarakat, membongkar tanggul yang sering mengakibatkan banjir di beberapa desa daerah tersebut.

Hal ini diungkapkan Bupati Asahan dalam rapat bersama unsur Forkopimda Kabupaten Asahan dengan PT IPS yang dihadiri Owner (Pemilik) PT IPS, Sutekno Satya (Solihin) dan Dinas terkait menyikapi tuntutan masyarakat Desa Perbangunan dan Pertahanan, Kecamatan Sei Kepayang yang menuntut agar tanggul PT Inti Palm Sumatera (IPS) ditutup, (15/12/2020).

Bupati Asahan H. Surya, BSc meminta PT IPS segera menyahuti permintaan masyarakat untuk membuka tanggul di 3 titik, karena dapat mengurangi dampak banjir di desanya.

"Pemerintah Kabupaten Asahan, akan menjembatani persoalaan ini, sehingga persoalan ini dapat segera diselesai dengan cara yang sebaik-baiknya," tutur H. Surya.

Dikesempatan yang sama, Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto mengatakan Unsur Forkopimda Kabupaten Asahan akan mengutamakan permintaan masyarakat.

"Kami berharap kepada PT IPS dapat menyahuti aspirasi masyarakat tersebut, karena hadirnya sebuah perusahaan untuk membantu masyarakat," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Dandim 0208/Asahan Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos. Ia meminta agar PT IPS untuk bergerak cepat dalam menyahuti aspirasi masyarakat ini.

"Kepada PT IPS saya juga meminta agar selalu memperhatikan aspirasi masyarakat," tuturnya.

Mendengar permintaan dari Unsur Forkopimda Kabupaten Asahan, Owner PT IPS Sutekno Satya (Solihin) mengatakan siap membuka tanggul tersebut, tetapi pembukaan tanggul tersebut dilakukan secara bertahap.

"Kami akan melakukan pembukaan tanggul tersebut hari ini," terang Sutekno.

Setelah selesai melakukan rapat, Bupati Asahan mengintruksikan kepada Dinas terkait bersama PT IPS untuk melakukan pembukaan tanggul tersebut didampingi Camat setempat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas di wilayah tersebut pada hari ini juga (15/12/2020) agar persoalan ini dapat terselesaikan secepat mungkin.