ASAHAN - Jumlah kasus Covid19 di Kabupaten Asahan terus meningkat. Tercatat hari ini, Senin (14/12/2020), telah bertambah sebanyak 5 kasus dengan total 415 kasus. Sebelumnya, berjumlah 410 Kasus. Dari jumlah tersebut, terinci 282 orang telah sembuh, 114 orang masih dalam perawatan dan 19 orang meninggal dunia.

Data tersebut dari sebaran Covid19 per kecamatan di Kabupaten Asahan yang dibagikan Jubir Gugus Tugas Covid19 Kabupaten Asahan, H. Rahmad Hidayat Siregar.

Meskipun kasusnya cukup tinggi, fenomena di lapangan, masih ada juga masyarakat yang enggan menghiraukan imbauan pemerintah. Namun, ada juga yang tetap menggunakan masker sebagai bagian dari protokol kesehatan.

"Alah, tak ada itu. Kalau mau mati ya pasti mati lah," sebut salah satu masyarakat yang enggan namanya disebutkan.

Secara terpisah, Jubir Gugus Tugas Covid19 Kabupaten Asahan, H. Rahmad Hidayat Siregar melalui kepala bidang informasi, Arbin Tanjung mengatakan upaya untuk mensosialisasikan dan mengimbau masyarakat selalu dijalankan.

"Pendapat masyarakat itu kan berbeda-beda. Kita selaku pemerintahan harus tetap sabar dalam menjalankan tugas ini. Harus senantiasa mengimbau kepada masyarakat agar tetap mengikuti protokol kesehatan," kata Arbin Tanjung.

Dengan mengikuti protokol kesehatan, menurutnya, adalah cara yang ampuh dalam memutus mata rantai Covid19.

"Gunakan selalu masker, cuci tangan pakai sabun, hindari kerumunan massa dan tetap jaga jarak," tutupnya.