LANGKAT - Penimbunan jalan longsor di Dusun Paya Bedil Desa Perkebunan Turangi KM 67-68 Kecamatan Bahorok, akhirnya rampung. Kini armada angkutan pun telah bisa melintas dengan bebas hingga ke Bukit Lawang.

Informasi dihimpun, pengerjaan akses jalan ini terbilang cepat dan menjadi terobosan Camat Bahorok, Dameka Putra Singarimbun S STP yang menggalang swadaya dari perusahaan di wilayah kerjanya.

Pengusaha yang berada di kawasan tersebut juga tidak merasa terbebani.Bahkan untuk proses penimbunan terkadang berlangsung hingga malam hari. Meski cuaca kurang mendukung.

Perusahaan juga menurunkan alat berat berupa eksavator dan greder serta truck molen untuk menyelesaikan pengerjaan secara swadaya.

Menyikapi hal ini, Camat Bahorok, Dameka Putra Singarimbun S STP yang dikonfirmasi Sabtu (12/12/2020) mengamini hal tersebut sembari tersenyum.

"Benar, penimbunan longsor telah rampung. Armada angkutan telah bebas melintas. Hampir sepekan prosesnya, kita tidak ingin akibat longsor berdampak terhadap minat kunjungan wisata," ujarnya.

Disebutkannya, ada obyek wisata yang telah menjadi 'Destinasi wisata' di kawasan ini, masing-masing Bukit Lawang dan Batu Katak. Sehingga percepatan penimbunan dinilai mendesak, juga daerah ini menjadi urat nadi akses transportasi perusahaan dan masyarakat.

Disinggung tentang material, Dameka Putra Singarimbun S STP menyebutkan proses penimbulan ini, setidaknya menghabiskan 70 Dump Truck (DT) sirtu, batu koral dan batu cadas setara dengan 840 M3 material.