TAPUT - Pagelaran pesta demokrasi sidang Sinode Godang HKBP (Huria Kristen Batak Protetstan) ke 65 tahun 2020 yang digelar dalam 4 tahunan selama 5 hari sejak 9 - 13 Desember 2020 di Seminarium Sipoholon Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, dengan pimpinan Sidang Pdt.Marjabat, S.Th didampingi St.K.P Siburian selaku Majelis Pekerja Sinode (MPS) terlaksana dengan sukses. Sinode Godang ke 65 sukses memilih dan menetapkan pemimpin tertinggi HKBP Eporus yang baru, dengan peserta pemilih hak suara sinode sebanyak 1.026 pendeta yang merupakan Perwakilan HKBP dari setiap daerah di seluruh Indonesia.

Pada Sinode Godang HKBP, berhasil terpilih dan ditetapkan menduduki posisi jabatan pimpinan tertinggi HKBP "Eporus" adalah Pdt.DR. Robinson Butarbutar,S.Th,MA dengan raihan suara 735 suara yang nantinya akan menggantikan Eporus lama Pdt.DR.Darwin Lumbantobing, S.Th,M.Th.

Ir.Sahat Butarbutar pengurus Gereja HKBP Kecamatan uluan yang menjadi salah satu peserta Sinode kepada Gosumut.com via seluler menyampaikan, Sabtu (12/12/2020) dilaksanakannya putaran kedua sidang Sinode Godang HKBP ke - 65 tahun 2020, dikarenakan sebelumnya pada putaran pertama, Jumat (11/12/2020) tidak berhasil memilih dan menetapkan Sekjend serta 3 pimpinan Tinggi di HKBP yakni Kepala Departemen (Kadep).

Hal tersebut dikarenakan persaingan jumlah suara di masing masing calon lumayan ketat dan tidak ada jumlah suara dari para calon yang berhasil lolos memenuhi ketetapan peraturan Tatib Sinode yakni 50 % + 1 (1/2 N + 1), untuk menentukan penetapan Sekjend (Sekretaris Jenderal) dan Kepala Departemen HKBP (Kadep Koinonia, Kadep Marturia dan Kadep Diakonia).

"Sidang Sinode Godang putaran kedua hari ini untuk pemilihan dan penentuan Sekjend, Kadep Koinonia, Kadep Marturia dan Kadep Diakonia telah berhasil dengan sukses," jawabnya.

Untuk posisi jabatan Sekjend, kata Sahat, terpilih Pdt.Dr.Victor Tinambunan,S.Th dengan raihan 625 suara yang bersaing dengan Pdt.Maulinus Siregar dengan perolehan 385 suara dengan 1 suara batal.

"Untuk posisi jabatan Kepala Departemen (Kadep) Koinonia berhasil terpilih Pdt.Dr.Deonal Sinaga,S.Th dengan raihan suara 635 suara, sebelumnya bersaing dengan Pdt.Eldarton Simbolon,S.Th demgan perolehan suara sebanyak 357 suara dan 18 suara batal," jelasnya.

Di posisi Kepala Dartemen (Kadep) Marturia, dimenangkan Pdt.Kardi Simanjuntak,S.Th dengan perolehan sebanyak 554 suara dengan rival saingannya Pdt. Advent Nababan,S.Th dengan perolehan 319 suara dan Pdt.Anna Vera P sebanyak 121 suara berikut suara batal sebanyak 14 suara.

Untuk di posisi jabatan Kepala Departemen (Kadep) Diakonia berhasil terpilih Pdt.Debora Sinaga,S.Th dengan perolehan 615 suara yang sebelumnya bersaing dengan Pdt.Timbul Sitanggang,S.Th yang meraih suara sebanyak 379 suara.

Kedua pendeta senior ini bersaing untuk meraih kursi menduduki posisi Jabatan Kepala Departemen (Kadep) Diakonia saat pemilihan Kadep Diakonia ini 13 suara batal.

"Jadi pelaksanaan Sinode Godang putaran kedua untuk memilih dan memetapkan Sekjend serta 3 Kepala Departemen yang berbeda di HKBP telah selesai dan terlaksana dengan sukses aman, tertib dan kondusif," terangnya.

Pelaksanàn Sinode Godang mulai dari tahapan registrasi peserta Sinode hingga pelaksanaan Sinode sampai saat ini tetap mendapatkan pengawalan dan penjagaan extra ketat dari jajaran pihak Kepolisian Resort Tapanuli Utara.

"Hari ini juga akan dilakukan dan sedang berlangsung pemilihan dan penetapan Praeses untuk bertugas di 32 Distrik seluruh Indonesia," ungkap Sahat.