SAMOSIR - Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020. Pada pemilihan Bupati - Wakil Bupati Samosir periode 2021-2024 yang tengah berlangsung di 9 kecamatan, 126 desa, 6 kelurahan, dan 322 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 93.169 berjalan sesuai protokol kesehatan (Prokes).

Pantauan GoSumut, Rabu (9/12/2020) di sejumlah TPS di Kecamatan Pangururan, seperti TPS di Desa Pardugul, Desa Panampangan, Parlondut, Sitolu Huta, dan Sianting-anting, masyarakat antusias hadir menggunakan hak pilihnya dengan memakai masker.

Tidak hanya masyarakat juga seluruh penyelenggara, mulai dari Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Pengawas Pemilih Lapangan (PPL), petugas keamanan dari TNI-Polri, dan para saksi, tampak keseluruhan menggunakan masker dan sarung tangan.

Di TPS oleh KPPS, juga disediakan masker bagi masyarakat yang belum memakai atau lupa membawa masker. Selain itu tersedua juga sarung tangan dari bahan plastik yang diberikan kepada para pemilih yang sudah memasuki lokasi antrian di TPS guna mencegah klaster baru penyebaran Covid-19.

Ketua PPS Desa Pardugul, Roganda Simbolon menyampaikan, pemungutan suara akan berakhir pada pukul 13.00 WIB dan kehadiran masyarakat hingga pukul 11.00 WIB sudah mencapai 70% dari 507 jumlah DPT desa Pardugul.

"Hingga saat ini kehadiran di 2 TPS sudah mencapai 70% dan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan saat hadir di TPS hingga bilik suara tempat pencoblosan yang sudah disediakan oleh panitia penyelenggara," kata Roganda.

Untuk penghitungan suara, lanjutnya, akan dimulai pukul 13.30 Wib.

"Perkiraan kita, melihat antusias masyarakat dalam memberikan hak pilihnya, pemungutan suara dapat tuntas sebelum pukul 13.00 Wib. Maka, setelah makan siang, penghitungan surat suara sudah bisa dilangsungkan," tutup Roganda Simbolon.