NIAS - BPJS Kesehatan Cabang Gununungsitoli menyerahkan piagam penghargaan sekaligus mengapresiasi komitmen Pemerintah Kabupaten Nias dalam mendukung program JKN-KIS. Komitmen ini terwujud dalam kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Nias yang mencapai angka 82.10% dari jumlah penduduk. Angka kepesertaan JKN-KIS ini meliputi segmen Penerima Bantuan Iuran dan Bukan Penerima Bantuan Iuran.

Piagam penghargaan ini diserahkan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli kepada Bupati Nias pada saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Nias ke 150 Tahun dan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2020, Jumat (4/12/2020).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, Mahyuddin menyampaikan pemberian piagam penghargaan kepada Pemda Kabupaten Nias merupakan bentuk terima kasih sekaligus apresiasi BPJS Kesehatan atas komitmen pemda yang terus mendukung keberlangsungan program JKN-KIS.

Ia juga menyampaikan, komitmen ini terwujud dalam penjaminan masyarakat tidak mampu di Kabupaten Nias yang telah terintegrasi dalam Penduduk yang Didaftarkan Pemerintah Daerah (PD Pemda).

Lebih lanjut, Mahyuddin juga mengapresiasi dan menyerahkan piagam penghargaan kepada 3 Puskesmas terbaik tingkat Kabupaten Nias Tahun 2020 dengan kriteria penilaian Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK), Rasio Rujukan, Walk Through Audit (WTA), pelaporan kunjungan/rujukan, dan serta pelayanan antrian online.

Penghargaan ini juga diberikan kepada 2 puskesmas di Kabupaten Nias yang mengikuti lomba Vlog FKTP BPJS Kesehatan Tahun 2020 dalam rangka mempopulerkan Gerakan Nasional Disiplin Protokol.

“Kami menyampaikan apresiasi atas kinerja puskesmas di Kabupaten Nias selama Tahun 2020. Untuk itu kami menyampaikan selamat kepada Puskesmas Hiliduho, Puskesmas Botomuzoi, dan Puskesmas Sogaeadu yang menjadi puskesmas terbaik dalam menjalankan program JKN-KIS. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Ulugawo dan Puskesmas Gido atas keikutsertaannya dalam lomba Vlog BPJS Kesehatan,” jelasnya.

Memperingati HKN Tahun 2020, Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli menyampaikan terima kasih kepada tenaga medis yang telah berjuang ekstra di tengah pandemi Covid- 19 yang melanda dunia internasional, khususnya di Kabupaten Nias. Menurutnya tahun 2020 merupakan tahun yang penuh perjuangan dan dibutuhkan kerja sama yang solid dari seluruh element masyarakat dan pemerintah dalam menuntaskan pandemi ini.

Lebih lanjut ia juga berterima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah memberikan penghargaan kepada Puskesmas di Kabupaten Nias. Menurutnya penyerahan piagam penghargaan ini sebagai bentuk kepedulian BPJS Kesehatan terhadap pemberi layanan kesehatan dan penerima layanan kesehatan.

“Penghargaan oleh BPJS Kesehatan memberikan semangat bagi pemberi layanan kesehatan untuk berlomba meberikan yang terbaik. Tentunya ini akan berdampak baik pada kualiatas layanan JKN-KIS dan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Semoga kerja sama yang baik ini dapat terus berjalan,” tutupnya.