SIMALUNGUN - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) menggelar Rapat Kerja Tekhnis (Rakernis) untuk Pengawas Kelurahan Desa (PKD) dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se Kecamatan Jorlang Hataran dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun 9 Desember mendatang.


Rakernis untuk PKD dan PTPS tersebut dilaksanakan di Pematang Siantar, Selasa (17/11/2020). Acara rakernis tersebut terlibih dahulu dilaksanakan untuk PTPS sekira pukul 10.00 wib, setelah pada Senin (16/11/2020) kemarin resmi dilantik dan diambil sumpah janji.

Ketua Panwascam Jorlang Hataran Ali Musa Harahap didampingi Junjungan Siahaan (Divisi Hubungan Antar Lembaga) dan James Silalahi (Divisi Penanganan Pelanggaran) menyampaikan tujuan rakernis digelar untuk PTPS dan PKD supaya PTPS mengetahui tugas-tugas mereka pada saat pemilihan nanti.

"Kemarin PTPS sudah resmi dilantik dan diambil sumpah janji dan selanjutnya mereka dibekali pengetahuan terkait tugas-tugas yang akan mereka laksanakan pada saat hari pemilihan nanti di TPS masing-masing, jelas Ali Musa.

"Begitu juga untuk PKD supaya nanti dapat membimbing atau mengarahkan PTPS nya masing-masing saat pelaksanaan pemilihan, untuk itulah sangat penting kita adakan rakernis ini supaya saling mengetahui tugas masing-masing sesuai arahan Bawaslu Simalungun guna kesuksesan pelaksanaan pemiliha Bupati dan Wakil Bupati 9 Desember mendatang khsususnya di Kecamatan Jorlang hataran," tambah Ali Musa.

Diterangkannya pada pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun kali ini berbeda dengan biasanya karena saat ini kita sedang menghadapi masa pandemi Covid-19.

Berikut 12 yang harus diperhatikan oleh PTPS saat berada di TPS :
1. Pakai Masker
2. Jaga Jarak
3. Cuci Tangan
4. Cek Suhu Tubuh
5. Sarung Tangan
6. Tinta Tetes
7. DPT maksimal 500 per TPS
8. KPPS pakai APD lengkap
9. Hadir Pukul 07.00 - 08.00 wib
10. Penyemprotan Disinfektan secara berkala
11. Ruang khusus
12. Tidak berkerumun dan hindari kontak fisik

"Sebagai ujung tombak kesuskesan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun Desember mendatang, kami minta PTPS dan PKD supaya menjalin koordinasi yang baik dengan KPPS maupun PPS diwilayah masing-masing, "pungkas Ali Musa.