SERGAI - Hari Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 56, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai membagikan masker kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat pengguna jalan di depan Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (16/11/2020).


Pjs Bupati Sergai Ir H Irman, M.Si, bertindak sebagai Pembina pada pelaksanaan apel HKN ke 56, Perwira Apel dr. Helminur Iskandar, M.Kes dan Pemimpin Apel Selamet Hartono, S.KM.

Ir H Irman dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi dan rasa bangga atas pelaksanaan kegiatan yang menyentuh langsung kepada ASN dan masyarakat.

"Kegiatan ini memang sengaja dilakukan bukan pada pagi hari, namun lewat pagi sekitar jam 10 ke atas. Hal demikian karena manfaat sinar matahari yang terbaik bagi tubuh didapat pada sekitar waktu tersebut sebagai salah satu treatment menjaga kesehatan tubuh dan menguatkan daya tahan dari penyakit,' 'ucap pjs Bupati Sergai.

Meski penyebaran Covid-19 saat ini sudah mulai turun, namun harus tetap selalu berdoa dan menjaga imunitas sebagai berikut obat dan penangkal terbaik. Sebab hingga saat ini vaksin Covid-19 belum ditemukan di negara manapun.

Beberapa langkah strategis telah dilakukan untuk menangani Covid-19, mengingat dirinya juga merupakan Ketua Bidang Satgas Covid-19 Kabupaten Sergai, termasuk menerbitkan peraturan Bupati Nomor 35 tahun 2020.

Perbup tersebut akan memudahkan untuk melakukan tindakan-tindakan operasional mulai dari sosialisasi maupun tindakan-tindakan yang diberikan kepada masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan.

Hal demikian harus kita manfaatkan kita jaga dan kita tingkatkan serta jadi pelopor dan contoh bagi masyarakat dan jangan kita menghimbau kepada masyarakat melaksanakan 3M, sementara diri sendiri dan keluarga belum menerapkan hal tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sergai dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, MM dalam laporanya menyebut kalau kegiatan ini mengambil tema "Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat" dan Sub Tema "Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19".

Ia menyebutkan kegiatan ini bertujuan mempromosikan dan mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang Gerakan 3M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi penguat informasi kepada masyarakat agar seluruh masyarakat Sergai tetap mematuhi Protokol Kesehatan dengan gerakan 3M.

Disisi lain, Dinkes Sergai juga melaksanakan Gerakan 3T (Testing, Tracking dan Treatment) dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, dengan membuka rapid test dan swab test di Klinik Bersaudara.