SAMOSIR - Dewan Pimpinan Cabang-Lembaga Swadaya Masyarakat (DPC-LSM) Pemantau Kinerja Aparatur Negara disingkat Penjara, Kabupaten Samosir, resmi dilantik dibawah kepengurusan Adil P. Naibaho sebagai Ketua, Sekretaris, E. Gugun Malau, dan Bendahara, Yalum Nita Sihotang, S.Pd, Kamis (5/11/2020) bertempat di Kantor DPC LSM Penjara, Samosir, Jalan Komplek Perkantoran, Parbaba, Kecamatan Pangururan. Usai dilantik, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LSM Penjara, Sumatera Utara, Zulkifli, mengharapkan DPC LSM Penjara Samosir dapat bersinergi untuk turut berkontribusi dalam membantu Pemerintah Kabupaten Samosir menuju pembangunan Kabupaten Samosir yang berkelanjutan, mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang bersih yang bebas dari penyalahgunaan kewenangan.

"Seluruh jajaran pengurus DPC LSM Penjara Samosir, harus satu komando dengan ketua untuk melakukan segala tugas untuk kepentingan masyarakat banyak, dan hindari asumsi publik terhadap kehadiran LSM yang kerap kita dengar dengan istilah, kasih sedikit, lalu pulang," tegas Zulkifli sembari mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan DPC LSM Penjara, Samosir masa bakti 2020-2023.

Pada kegiatan berlangsung, Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik, Agustianto Sitinjak yang diwakili oleh Kepala Seksi Politik, Melva N. Situmorang menyampaikan, menyambut baik kehadiran LSM Penjara di Samosir dan mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan DPC LSM Penjara Kabupaten Samosir periode 2020-2023.

"Kami menyambut baik dan mengapresiasi kehadiran LSM Penjara di Samosir. Kehadiran LSM Penjara sebagai lembaga independen yang siap membantu penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan diharapkan dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Samosir dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Samosir," ucap Melva N. Situmorang.

Dalam kesempatan itu juga, Pemerintah Kabupaten Samosir meminta kepada seluruh kader LSM Penjara Samosir agar berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Samosir serta turut berkontribusi mensukseskan seluruh tahapan pelaksanaan Pilkada serentak 2020, demi Samosir sejahtera, Sumut bermartabat, dan Indonesia maju.

Sementara itu, Ketua DPC LSM Penjara Samosir, Adil P. Naibaho menyampaikan, sebagai lembaga swadaya masyarakat yang independen, siap menjalin kemitraan yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Samosir demi terselenggaranya pemerintahan Kabupaten Samosir yang bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

"Lembaga ini akan berkoordinasi dengan pemerintah serta menyuarakan nurani rakyat, supaya persoalan di masyarakat dapat didengar oleh berbagai pihak dan dapat diselesaikan dengan baik," kata Adil P. Naibaho.

Tidak lupa, Adil P. Naibaho juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh perserta yang hadir, khususnya DPD LSM Penjara, Provinsi Sumatra Utara beserta rombongan rombongan.

Ia menyebut, LSM Penjara akan berjalan sesuai dengan aturan dan peraturan yang berlaku. Organisasi swadaya itu juga bertekad untuk mengawal segala bentuk persoalan yang terjadi di tengah masyarakat, siap menerima dan membantu segala bentuk laporan dari masyarakat yang membutuhkan keadilan.

"Kami akan bantu dan proses laporan masyarakat melalui pihak-pihak yang berkompeten demi kepentingan bersama. Utamanya adalah untuk menegakkan kebenaran dan keadilan," tutup Adil P. Naibaho seraya menyebutkan tag line LSM Penjara, "Siap Berani Benar".

Turut hadir pada pelantikan, Ketua DPD LSM Penjara Provinsi Sumatra Utara, Zulkifli, Sekretaris, Bayu Pratama Purba, Bendahara, Tengku Amir, pengurus DPC LSM Penjara Kabupaten Dairi, tokoh masyarakat, Kingkong Sihaloho, tokoh agama, Janahot Sihaloho, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Parbaba, Jasudin Sinaga, pengurus LSM PKN Samosir, dan pers.