SERGAI - Dimasa pandemi covid-19, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang meresmikan Kedai Murah Sat lantas dan Bhayangkari Polres Sergai di Dusun V, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Sabtu (24/10/2020).
Kedai murah ini, sebut Kasat Lantas Polres Sergai AKP Agung Basuni, bertujuan agar warga tidak terus menerus berketergantungan terhadap bantuan yang diberikan pemerintah. Di mana pada dasarnya bantuan tersebut memiliki keterbatasan baik jumlah dan jenisnya.

"Disamping itu, sebagai masukan Kapolres tentang pemberdayaan potensi personel dan Bhayangkari, disamping tugas tugas rutin setiap hari, ternyata kita mampu membantu berkontribusi dengan kegiatan positif berupa pemanfaatan hasil uang infaq dan progam penanaman serta peternakan ketahanan pangan Satuan Lalu Lintas Polres Serdang Bedagai," bebernya.

Selain itu, lanjut Agung, kedai murah ini ditujukan untuk warga kurang mampu dengan harga relatif murah yang diprioritas bagi warga terdampak covid-19 seperti pekerja serabutan.

"Tujuan ini sebagai gambaran kepada pimpinan tentang fenomena pandemi serta dampaknya di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai berikut solusi untuk memecahkanya," tukasnya.

Dia mengaku, pelaksanaan kedai murah ini searah dengan tujuan pemerintah dan pimpinan Polri dalam percepatan penangangan covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional di Indonesia.

"Alhamdullilah, kedai murah adalah perdana yang baru pertama kali di lakukan di wilayah Hukum Polres Sergai, bisa jadi pertama kali
di Indonesia," ungkapnya.

Sebelumnya, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat di masa pandemi covid-19. Hal ini merupahkan program-program Kapolres bersama Sat Lantas dan ibu Bhayangkari Polres Sergai yang bisa melakukan terobosan-terobosan untuk bahan pangan murah.

"Kenapa bisa murah? karena sebagian bahan pangan ini ditanam di Polres Sergai seperti sayuran, cabe dan ikan yang kita manfaatkan di halaman-halaman Polres seperti lahan kosong dan hasilnya bisa mencukupi masyarakat dengan jual murah," jelasnya.

Dia mengaku, program ini akan dilakukan secara bersinambungan sampai masa pandemi virus corona selesai.

Menanggapi hal ini, Plt Kepala Desa Firdaus Jamurik mengucapkan terimakasih kepada Sat Lantas Polres Sergai khususnya Kapolres Sergai sampai seluruh jajaran. "Untuk itu sekali lagi saya selaku Kepala Desa Firdaus mengucapkan terimakasih," terangnya.

"Saya terinspirasi juga dengan kegiatan ini dan ingin melakukan misalnya bersama pengusaha-pengusaha yang ada di Desa Firdaus ini dan akan kita koordinir untuk melakukan kegiatan seperti ini hingga covid-19 selesai," ungkap Jumrik.

Selanjutnya, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang bersama Kasat Lantas Polres AKP Agung Basuni dan Ibu Bhayangkari menjualkan bahan-bahan sembako kepada masyarakat terutama masyarakat kurang mampu dan didampingi Kapolres, Waka Polres Sergai Kompol Sofyan, Kasat Lantas Polres Sergai AKP Agung Basuni, Kasat Narkoba AKP H. Manullang, Kasat Reskrim AKP Pandu Winata, Kasat Intelkam, AKP. L Sihombing dan Seluruh Personil Sat Lantas Polres Sergai.