SERGAI- Perwakilan Tokoh Agama Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara sebut hadirnya H Darma Wijaya merupahkan Sosok pemimpin yang sangat dekat dengan para ulama.

"Semenjak diri menjabat sebagai Wakil Bupati Sergai 2015-2020, merupakan sosok pemimpin yang sangat dekat dengan para ulama, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pemimpin harus bisa menjaga hubungan silaturahim dengan para ulama.

Hal itu disampaikan Ustadz Drs Rusdi Saman kepada media ini, Rabu (14/10/2020) pagi, saat menikmati hangatnya teh manis di salah satu kedai Coffe Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai.

"Saya menilai kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) periode 2021-2024 keduanya baik, namun dalam memilih pemimpin kita harus dapat melihat lebih dalam lagi tentang kepribadian dan perilaku yang ditonjolkannya," imbuh nya.

Ustadz Rusdi yang juga merupakan salah satu pengajar di Madrasah Tsanawiyah Sergai menyebutkan, selama dirinya merasakan pemekaran Kabupaten Serdang Bedagai mulai Januari 2004 hingga saat ini, dirinya mengakui baru di masa hadirnya H Darma Wijaya dapat merasakan pemimpin yang sebenarnya.

"Hal yang paling memberikan kesan untuk saya adalah, kehadiran Darma Wijaya ditengah kami, para ulama. Sejarah pertemuan saya dengan Darma Wijaya, disaat kami ingin membahas tentang hukum ke-agamaan di Kabupaten Serdang Bedagai, dirinya tidak pernah menyetujui jika kami yang pergi menemuinya, melainkan dirinya lah yang pergi menemui kami, "ujar Ustadz Rusdi.

"Dalam bentuk pendidikan ke-agamaan, H Darma Wijaya tidak segan untuk selalu berdiskusi terhadap para ulama, meminta masukan akan sebuah penyelesaian yang terbaik untuk masyarakat Sergai, belajar tentang ke-agamaan yang belum ia ketahui, dan yang hebatnya lagi, Darma Wijaya selalu mendengarkan pesan ulama diwaktu-waktu senggangnya," ungkap Rusdi.

Sewaktu dirinya berdiskusi dengan Darma Wijaya prihal tudingan atau fitnah akan dirinya, Darma Wijaya menyahuti dengan tenang tanpa terlihat ada emosi yang terpancar pada Darma Wijaya.

"Waktu itu, Darma Wijaya berkata bahwa orang-orang yang melemparkan tuduhan kepadanya jangan kita tanggapi, biarkan saja, anggap saja itu sebuh pendidikan untuk membesarkan kita serta memperkuat ketaqwaan kita kepada Allah SWT," jelas Ustadz Rusdi mengisahkan sosok H. Darma Wijaya.

Lanjut Rusdi, Kepribadian seperti H Darma Wijaya patut kita beri rasa Syukur kepada Allah SWT, Sebab pada perinsipnya Pemerintah yang harus pergi menemui ulama bukanlah ulama yang pergi menemui pemerintah. Kepribadian dan prilaku itulah yang membuat kita sebagai masyarakat Sergai kagum akan sosok Darma Wijaya.

Berkenaan dengan Pilkada Sergai tahun 2020, secara pribadi Ustadz Rusdi mengingatkan kepada masyarakat Sergai dalam memilih pemimpin lihatlah sosok pemimpin dari kepribadiannya, perilakunya, kedekatannya dengan ulama, sejauh apa tekatnya membangun sergai.

"Serta tingkat keperduliannya terhadap masyarakat dan yang terpenting cari lah pemimpin yang suka dengan Masjid atau rumah ibadah, suka memberi/menyumbang Masjid dan anak yatim serta kaum lainnya yang layak mendapatkannya," tambahnya.

Dalam kondisi ini, Ustadz Rusdi selaku salah satu tokoh agama Sergai memberikan rekomendasi kepada masyarakat Sergai akan pemimpin yang harus dipilih pada 9 Desember 2020.

"Kita, harus memilih pemimpin yang dapat membuat perubahan dan pembaharuan untuk pembangunan masyarakat serta dapat menghidupkan beragam kegiatan ke-agamaan lainnya di Tanah Bertuah Negeri Beradat," tutupnya.