JAKARTA-Prof Dr dr Zubairi Djoerban, SpPD-KHOM selaku Ketua Satgas Covid19 dari PB IDI terkait harga baru tes Swab PCR sebesar Rp 900 rb rupiah dan target tes untuk masyarakat Indonesia.

"Indonesia harus mencapai target tes 30.000 orang setiap hari sesuai target Presiden RI yang dicanangkan 2 bulan yang lalu. Kemudian target perlu dinaikkan menjadi 50.000 setiap hari," ucapnya.

Meski demikian, harga Rp 900.000 (900 ribu) untuk tes PCR swab mungkin cukup bila reagensia dibantu pemerintah, yaitu untuk reagensi untuk ekstraksi dan reagensia PCR. Karena dalam hitungan harian, Rp 900 ribu hanya cukup untuk Biaya Sarana (IPAL, desinfeksi, sterilisasi); Biaya Alat: PME,Kalibrasi, pemeliharaan; Bahan Habis Pakai (Flok Swab + VTM , PCR tube, Filter tip, Microcentrifuge tube, Plastik sampah infeksius, Buffer); Biaya Alat Pelindung Diri (APD) seperti Sarung tangan, Hazmat, Masker Medis +N95, Face Shield; Catridge (khusus TCM), dan Pemeliharaan kesehatan. "Jika tidak ada subsidi dari pemerintah, maka harga swab PCR test semestinya adalah Rp 1,2 juta," jelasnya.