LHOKSEUMAWE-Untuk membantu dan mempercepat hasil test laboratorium akibat covid – 19, Markas Besar (Mabes) TNI AD melengkapi laboratorium PCR di 68 rumah sakit milik TNI AD diantaranya rumah sakit Kesrem Lhokseumawe.

Kepala Kesehatan Kodam Iskandar Muda Kolonel Ckm dr Ismi Purnawan,Sp,JP (K) MARS saat meresmikan mess dan laboratorium Polymears Chain Reaction (PCR) di RSU Kesrem Lhokseumawe belum lama ini, mengatakan diharapkan akhir Oktober 2020 Lab PCR RSU Kesrem Lhokseumawe sudah bisa diperasikan.

“Hal ini sangat bermanfaat dalam situasi pandemi covid-19, selama ini semua hasil test laboratorium harus dibawa ke Banda Aceh dulu, sehingga bisa memakan waktu, oleh karena itu setelah RSU Kesrem Lhokseumawe memiliki Lab PCR, tidak perlu lagi dibawa ke Banda Aceh,” ungkapnya.

Disebutkan, Ismi Purnawan, mess dua lantai memiliki lima kamar diperuntukkan kepada tenaga kesehatan Rumah Sakit Kesrem Lhokseumawe. “Karena kebutuhan tempat tinggal cukup tinggi, dan kita sadari rumah dinas (yang tersedia) sangat kurang, sehingga dari komando atas membangun mess ini untuk kebutuhan tenaga kesehatan Rumah Sakit Kesrem. Dengan demikian sudah terkurangi beban para tenaga kesehatan rumah sakit ini, karena tidak perlu lagi kontrak rumah,” ujarnya.

LAB PCR, sesuai kebijakan Mabes TNI, sebanyak 68 Rumah Sakit TNI AD mendapat prioritas. Dua di antaranya di Aceh, yakni Rumah Sakit Kesdam IM Banda Aceh dan RS Kesrem Lhokseumawe. “Bangunan sudah siap, alatnya dalam proses pengangkutan ke sini. Insya Allah, awal Oktober akan tiba (peralatan Lab PCR), dan diharapkan akhir Oktober sudah bisa operasional,” tuturnya.

Disamping itu, menurut Ismi Purnawan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga akan membantu kontainer berisi Lab PCR untuk Rumah Sakit Kesrem Lhokseumawe. “Jadi, untuk Lhokseumawe akan ada dua alat PCR. Ini untuk (melayani) masyarakat Lhokseumawe dan sekitarnya”. Katanya.