Medan – Penggunaan aplikasi Mobile JKN sebagai pilihan di tengah terbatasnya kegiatan masyarakat kala pandemi covid 19 tercatat meningkat. Salah satu yang memanfaatkan aplikasi Mobile JKN ini adalah Deni Mashuri Lubis. Lelaki 42 tahun ini mengaku, sangat terbantu dengan aplikasi Mobile JKN. Dirinya mengaku tak perlu repot harus mendatangi Kantor BPJS Kesehatan Cabang Medan hanya untuk mengurusi administrasi. "Iya kemaren pengalamanku daftar bisa pakai Mobile JKN," ungkap warga Jalan Tangguk Bongkar X, Kelurahan Tegal Sari Mandala II, Kecamatan Medan Denai, Selasa (15/09).

Deni mengaku, dia sudah lama ingin menjadi peserta JKN-KIS. Namun belum ada waktu untuk melakukan pengurusan.

"Memang aku sudah lama pengen daftar, tapi enggak ada waktu, untung ada Mobile JKN, tinggal download, terus bisa daftar langsung di aplikasi ini. Pakai aplikasi ini (Mobile JKN), kita enggak perlu repot harus ke kantor BPJS Kesehatan lagi," ucap Deni sembari menunjukkan aplikasi Mobile JKN di smartphone miliknya.

Di sisi lain, ayah 1 anak ini menerangkan, menjadi kepesertaan JKN-KIS ini sudah menjadi kebutuhan di tengah kondisi yang tidak menentu seperti sekarang.

"Kita jadi terbantu lah kalau sudah jadi peserta. Misalnya operasi atau bersalin, kita enggak pusing memikirkan biayanya. Seperti aku yang kelas 3, cuma Rp 25.500 per bulan, biaya yang dikeluarkan dalam perawatan, semuanya sudah ditanggung," jelasnya

Dirinya juga menyampaikan bahwa pernah mengalami sakit dan terpaksa harus berobat ke salah satu rumah sakit swasta di Kota Medan. Saat itu, dirinya mengaku pusing karena biaya yang dikeluarkan sangat mahal.

"Bukan apa apa, kalau umum, mahal kali. Aku pernah berobat di rumah sakit, oo.. mahal kali aku kenak, sekarang udah enak lah sudah kedaftar (terdaftar) jadi peserta" terangnya.

Meski sudah menjadi peserta JKN-KIS, Deni dan keluarga tetap menjaga kesehatan agar tidak jatuh sakit.

"Tapi enggaklah mentang-mentang udah kedaftar, kesehatan enggak kita jaga, enggak lah sampai kayak gitu. Hanya saja, kartu ini bisa menjadi antisipasi bagi kita kalau sakit," tutupnya.