MEDAN – Berangkat dari ikhtiar untuk menyelamatkan masyarakat dari berbagai paparan bahan-bahan kimia pangan yang dapat merusak kesehatan, Owner UMKM My USU (Untuk Seluruh Ummat) Muhammad Sontang Sihotang, S.Si., M.Si.,Ph.D penggagas Pusat Kajian “Social Engineering” Sontang Sihotang yang fokus dalam Komunitas Inovasi Produk Berbasis Residu Pesisir bersama Dra. Dara Aisyah M.Si., Ph.D yang fokus pada kajian Evaluasi Kinerja Program Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dan Inovasi Pemanfaatan Limbah Pesisir Untuk Peningkatan Kualitas Produk UMKM.

Hasilnya hadir inovasi produk yang telah diperkenalkan sejak 2013 di Malaysia yakni produk air minum berkalsium dalam kemasan, berbahan ekstrak kalsium organik dari tulang ikan yang dapat langsung dikonsumsi masyarakat untuk kesehatan dan imunitas tubuh. Nama produknya USU Qua.

Menurut Muhammad Sontang Sihotang didampingi Dara Aisyah kepada GoSumut.com, bahwa air USU Qua merupakan hasil penelitian yang telah dibuktikan secara saintifik pada saat mereka bekerja sebagai Konsultan Geran Knowledge Transfer Program (KTP) dan Felo Penyelidik di Pusat Kajian Pembangunan Sosial Ekonomi (Center For Socioeconomic Development) di Universiti Malaysia Terengganu (UMT) Malaysia (September 2010 – December 2015). Manfaat inovasi produk tersebut tidak hanya dapat diminum langsung sebagai air berkalori, tapi juga dapat berperan sebagai filler adsorbent (menyerap) berbagai toksid dan logam berat.

Air USU Qua sebagai filler adsorbent dalam bentuk air minum berkalori ternyata mempunyai berbagai manfaat. Selain dapat digunakan untuk filler yang bermanfaat membersihkan mata, hidung, mulut dan wajah, berperan sebagai antiseptik alami, karena ada unsur penyerap. Keunggulannya lagi, dapat diisi ulang ke dalam botol spray dan bisa dibawa kemana saja.

Produk kekinian itu sudah tersedia di tengah masyarakat dengan nama Spray My USU (Untuk Seluruh Umat dan Untuk Segala Usia). Berdasarkan hasil testimoni pengguna sejak tahun 2013 sampai sekarang, manfaat produk tersebut, kata Dara Aisyah berguna untuk berbagai penyakit seperti air minum berkalsium untuk gangguan pencernaan, diabetes, kolesterol, tiroid, spray mata untuk gangguan radiasi mata dan mata merah, gatal-gatal dan jerawat, dapat juga digunakan sebagai masker berkalsium untuk gangguan pernafasan dan banyak lagi peran kalsium untuk meningkatkan kinerja jantung. Alhamdulillah produk yang Allah berikan ini, untuk menyelamatkan ummat manusia, terutama pada saat pandemik Covid-19 yang telah melanda dunia.

Dijelaskan Dara Aisyah, ancaman virus Coronavirus (Covid-19) yang belum mereda, menuntut semua orang melakukan tata kelola perlindungan diri dengan selalu mempersiapkan alat penyemprot seluruh badan seperti, spray pembersih tangan, mata, hidung dan mulut, yang sekaligus dapat di minum karena mengandung kalori, dan bisa untuk filler chamber dan bahan fogging untuk penyemprotan ruangan, yang ramah lingkungan," papar Dara Aisyah.

Lebih lanjut kata Dara Aisyah, penggunaan produk USU Qua sebagai filler adsorbent alami dapat digunakan masyarakat selain sebagai minuman berkalori, juga berperan untuk sanitizer dan antiseptik, sangat dianjurkan untuk selalu di pakai oleh segala usia sebagai bahan penyerap organik yg tidak ada efeknya kepada tubuh kita. Sementara secara umum, kata Dara Aisyah, produk yang beredar di pasaran berupa disinfektan, antiseptik, dan hand sanitizer mengandung bahan kimia yang berdampak.

Bagi yang berminat untuk dikonsumsi, pemesanan Air Kalori USU Qua dapat menghubungi Hp/WA 081263194968 atau 081263718995 (Canthing Kreasindo).***