MEDAN - Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Prodi S1 Ilmu dan Teknologi Pangan, Prodi S2 Ilmu Pangan dan Prodi S2 Ilmu Peternakan menyelenggarakan webinar bertajuk Strategi Penyelesaian Tugas Akhir di Masa Pandemi.

Dekan Fakultas Pertanian Dr Ir Hasanuddin, MS, membuka pelaksanaan webinar yang diikuti oleh para dosen, mahasiswa S1, S2 dan S3 dari seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya Dr Hasanuddin mengatakan bahwa ia sangat menyambut baik terselenggaranya webinar, di mana perbedaan jarak dan tempat sudah tidak lagi menjadi masalah yang berarti. “Di masa pandemi ini kita harus cerdas dan bijak dalam mencari solusi untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi dan pandai-pandai dalam membaca tanda-tanda alam,” katanya.

Menurutnya, seluruh alam adalah laboratorium bagi manusia dan seluruh makhluk hidup. “Apa yang kita dapatkan dan pelajari di dalam kelas semua dapat diaplikasikan di alam yang luas.

"Saya berharap dengan webinar ini para mahasiswa dapat terbantu menyelesaikan skripsinya, meskipun tidak bisa leluasa keluar rumah karena pandemi. Yang terpenting, kita semua jangan menyerah dengan keadaan,” tegasnya.

Webinar menghadirkan dua pembicara, yakni Dosen Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor Dr Ing Dase Hunaefi, STP, M FoodST,

Dan Ketua Program Studi Magister Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Gemala Anjani, SP, M Si, Ph D. Dr Ing Dase Hunaefi menghadirkan materi berjudul “Strategi Penyelesaian Tugas Akhir dan Skripsi Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19”.

Sementara Gemala Anjani, Ph D, memaparkan materi “Konsep dan Strategi Penyelesaian Tesis di Masa Pandemi Covid-19”. Bertindak sebagai moderator Kepala Prodi S2 Ilmu Pangan FP USU Ir Hotnida Sinaga, M Phil, Ph D.

Turut hadir dalam kegiatan yang berlangsung secara daring tersebut Ketua Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Prof Dr Ir Elisa Julianti, MPhil, yang juga memberikan closing speech di pengujung kegiatan, Ketua Program Studi Ilmu Pangan (S2) Ir Hotnida Sinaga, M Phil, Ph D, Ketua Program Studi Ilmu Peternakan (S2) Dr Nevi Diana Hanafi, SPt, M Si dan para dosen di lingkungan Fakultas Pertanian USU.