MEDAN - Dua Dosen Universitas Sumatera Utara (USU) Dr. Muhammad Sontang Sihotang S.Si M.Si dan Dr. Dra. Dara Aisyah M.Si melakukan Pengabdian Masyarakat (Abdimas) dalam program kewirausahaan sosial dalam bentuk pengadaan air berkalori kepada CV. Canthing Kreatifisia Indonesia untuk mencegah Coronavirus Diseases 2019 (Covid -19) di aula Kelurahan Sukamaju Kecamatan Medan Johor, Kamis (3/9/2020).

Hadir dalam kegiatan itu, Camat Medan Johor Zul Fahri Ahmadi, S.Sos. Lurah Sukamaju Harry Agus Perdana, STTP. mewakili Kapolsek Medan Kota (Jhonny) serta mewakili Danramil (Rudy), para Kepala lingkungan, Ketua dan Tim PKK Lingkungan, Kader Posyandu, Ketua PKH se Kelurahan Sukamaju, Yudha Bawono, SE. Ak. selaku owner CV. Canthing yang juga sebagai mitra usaha Tim Abdimas USU. Turut hadir Lurah Kota Matsum 3, Mirnaloy, SH dan undangan lainnya.

Camat Medan Johor mengapresiasi kegiatan tersebut, terlihat dari antusias masyarakat mengikuti kegiatan. "Kegiatan ini kiranya dapat diteruskan untuk mengedukasi tata kelola sampah menjadi produk serbaguna," kata Camat dalam sambutannya.

Khusus terhadap sampah durian dan kelapa yang banyak di wilayah Medan Johor, Camat berharap kiranya dapat dimanfaatkan menjadi produk inovasi yang berguna untuk keperluan masyarakat.

Zul Fahri Ahmadi berharap program Abdimas USU di Kelurahan Sukamaju menjadi sarana pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan taraf sosial ekonomi di tengah kondisi pandemi sekarang ini mengingat Wilayah Medan Johor termasuk daerah rawan Covid-19. Terkait hal itu Camat meminta agar warga tetap waspada dan patuh mengikuti protokol kesehatan yang disarankan pemerintah.

Sementara Yudha Bawono beserta tim selaku mitra sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena dapat mengedukasi masyarakat dalam program kewirausahaan sosial yang telah dilakukan melalui kolaborasi dengan Tim Abdimas USU.

Dalam rangkaian kegiatan Abdimas tersebut, Dara Aisyah dan Muhammad Sontang berkesempatan memaparkan cara mengolah sampah menjadi berbagai produk kesehatan (makanan dan minuman berbasis kalsium) serta produk pencegahan melawan Covid-19.

Ir. Yessy Tanjung seorang usahawan inovasi binaan Tim Abdimas USU melalui pengalaman beliau dari hasil edukasi Tim dalam pembuatan tepung kalsium dari kulit telur menjadi minyak goreng berkalsium dan air rebusan serai menjadi desinfektan organic berkesempatan menyampaikan paparan dan pengalamannya dalam memenuhi keperluan masyarakat.

Berbagai testimoni manfaat air kalori juga disampaikan pada acara yang berlangsung sejak pagi hingga siang itu.

Mewarnai Abdimas USU diserahkan bantuan Dispenser kepada BKM Masjid Al-Ikhlas Sukamaju diwakili Ustadz Apriliono, Ketua PKK, Kantor Lurah Sukamaju dan masyarakat PKH.***