ASAHAN-Berbagi ibaratkan sarapan pagi bagi generasi Muda Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (GM PEKAT-IB) Kabupaten Asahan. Sebab, berbagi merupakan kerutinitasan bagi mereka terhadap orang yang membutuhkan.

Kali ini, Organisasi Kepemudaan (OKP) GM PEKAT-IB Kabupaten Asahan membagikan ratusan nasi bungkus kepada tukang becak dan tukang parkir di seputaran Kota Kisaran, Kabupaten Asahan, Selasa (18/8/2020).

Tak lelah walaupun keringat mengucuri lekuk wajah mereka. Bahkan semangat berbagi itu sangat tampak di wajah para pemuda ini.

Panasnya terik matahari serta hamburan butiran debu tak menghalangi niat mulia mereka dalam menjalankan aksi sosial.

Kegiatan mulia ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 75 tahun.

Hal tersebut dikatakan Ketua GM PEKAT-IB Kabupaten Asahan, Muhammad Dadang Irwan Rany, SH melalui Ketua Komisariat GM PEKAT-IB Universitas Asahan (UNA), Edo Alimuddin Dalimunthe saat ditemui wartawan.

Edo mengatakan kegiatan sosial itu dilakukan selain untuk memperingati HUT kemerdekaan RI ke 75 tahun, dan menjalankan fungsi organisasi GM PEKAT-IB dalam kegiatan sosial yaitu berbuat untuk masyarakat yang membutuhkan.

"Dalam memaknai hari kemerdekaan yang sesungguhnya, bagi kami tidak perlu menjadi raksasa untuk memiliki hati yang besar, sedikit berbagi kepedulian dengan sesama merupakan makna kemerdekaan yang sejati dan mengarahkan kita pada rasa persatuan," katanya.

Dengan seksama di pinggir jalan diramaikan dengan banyaknya pengendara yang melintasi jalanan Edo berpesan kepada masyarakat khususnya tukang becak dan tukang parkir untuk tidak patah semangat dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari dan ikut menjaga persatuan serta kesatuan bangsa, selain itu dirinya mengingatkan agar selalu melaksanakan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19 saat ini sesuai dengan arahan pemerintah.

"Kita yakin melalui kegiatan ini, kami dapat mengajak masyarakat untuk bersatu padu tanamkan rasa kebersamaan dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara,semoga Allah Swt dapat melindungi bangsa ini dari segala cobaan," harapnya.

Sementara, rasa haru dan rasa terimakasih diperlihatkan oleh Budi seorang tukang becak motor (Betor) terhadap GM PEKAT-IB Kabupaten Asahan.

Tiba-tiba Pasukan mudah berbaju biru corak loreng ini datang menghampiri Budi. Ia sempat terkejut karena ramai-ramai mendatanginya. "Saya pikir entah ada apa, rupanya bagi-bagi nasi. Alhamdulillah saya terima dengan rasa senang," ucap Budi.

Pria yang sudah mengadukan nasibnya dari penumpang yang membutuhkan antaran ini mengucapkan terima kasih kepada GM PEKAT-IB Kabupaten Asahan yang telah sudih berbagi kepadanya.

"Terima kasih atas kepedulian dari GM PEKAT-IB Kabupaten Asahan, semoga dapat menjadi amal ibadah, insyaallah," ujarnya.*