ASAHAN-Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja. Djakarta, 17 – 8 – ’05 Wakil2 bangsa Indonesia. Soekarno-Hatta.

Bunyi tersebut merupakan bunyi proklamasi yang disebutkan oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945.

Hingga kini, 75 tahun Indonesia merdeka, bunyi tersebut selalu diperingati pada saat gelaran Upacara Bendara Merah Putih dalam rangka HUT RI dari tingkat Nasional hingga tingkat daerah. Bahkan Kecamatan dan sekolah dan pun turut memperingati.

Dari itu, Kasatlantas Polres Asahan, AKP. Budiono Saputro, SH menghimbau kepada seluruh masyarakat terkhusus masyarakat Kabupaten Asahan agar menghentikan sejenak kegiatan disaat detik-detik Proklamasi.

"Saya AKP. Budiono Saputro, SH Kasatlantas Polres Asahan menghimbau kepada warga Kabupaten Asahan agar menghentikan sejenak seluruh kegiatan pada tanggal 17 Agustus 202, pukul 10.17 wib hanya 3 menit dengan mengambil sikap sempurna untuk menghormati peringatan detik-detik proklamasi," tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Kasatlantas Polres Asahan ini juga mengucapkan selamat Dirgahayu RI ke 75. "Selamat Dirgahayu RI ke-75, Indonesia Maju," tutupnya*