MEDAN-BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Medan Kota terus berupaya memperluas cakupan kepesertaan pada sektor Bukan Penerima Upah (BPU) termasuk pengemudi online provider baru Mudigo.

“Acara sosialisasi dan edukasi program jaminan sosial bagi pengemudi ojol Mudigo ini terselenggara atas undangan yang kami terima dari Perusahaan Modigu online untuk memberikan sosialisai program jaminan sosial bagi para ojol sekaligus mengikuti acara peresmian soft launching aplikasi Mudigo di Medan," Ujar Syahrial Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Medan Kota, Kamis (13/8/2020).

Lanjutnya, BPJamsostek juga sangat mengapresiasi kesempatan yang telah diberikan dan kepedulian atas perusahaan Mudigo Online kepada para pengemudi Ojol, edukasi sangat penting untuk mengubah pola pikir masyarakat yang cenderung menganggap sepele risiko kerja.

"Pemberian perlindungan bertujuan mengantisipasi risiko kecelakaan kerja yang mungkin terjadi, terutama pada pekerjaan berisiko tinggi seperti pengemudi Ojol ini," ujarnya.

Selain itu ia juga menambahkan saat ini BPJamsostek sedang berkoordinasi dengan pihak Mudigo untuk melakukan komitmen bersama berupa MOU antara BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Kota dan Mudigo dalam hal perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para Ojol.

"Saat ini Mudigo telah menerima kurang lebih menerima 500 driver baru," sebut Syahrial.

Dia menambahkan pengemudi Ojol Mudigo akan disertakan dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK). yang mana setiap bulannya nanti para pengemudi Ojol Mudigo cukup membayar iuran Rp 16.800 saja.*