Home >  Berita >  Peristiwa

Hulman Sitorus Upa Upa Korban Kebakaran Warga Desa Oppu Raja Hutapea Timur Laguboti

Hulman Sitorus Upa Upa Korban Kebakaran Warga Desa Oppu Raja Hutapea Timur Laguboti
Jum'at, 31 Juli 2020 14:37 WIB
Penulis: Marimbun Marpaung
TOBA-Wakil Bupati Kabupaten Toba Ir. Hulman Sitorus, MM didampingi Sekda Drs, Audhi Murphy Sitorus, SH, M.Si, Asisten 1 Harapan Napitupulu, SH, Kepala Dinas Sosial dr. Raja Ipan Sinurat, Kepala Dinas Tenaga Kerja Resman Sirait, Kabag Kesos Dongoran Jumat siang (31/7/2020) kunjungi dan upa upa para korban kebakaran di Simpang Sirongit desa Simatibung Kecamatan Laguboti warga Desa Oppu Raja Hutapea Timur.

Kehadiran Wakil Bupati dan rombongan di sambut langsung oleh Camat Laguboti Pintor Pangaribuan dan Kepala Desa Oppu Raja Hutapea Timur Jaya Masita Hutapea dan Kepala Desa Simatibung Ahmad Bastian Hutahaean dalam rangka membesuk dan melaksanakan upa upa kepada para korban kebakaran warga desa Ompu Raja Hutapea Timur di Simpang Sirongit desa Simatibung Kecamatan Laguboti.

Acara diawali dengan doa bersama oleh Pendeta Resort HKBP Laguboti Pdt. Tumpal Sinaga, S.Th sebagai ucapan puji dan syukur kepada Tuhan atas penyertaan Nya kepada seluruh para korban. tidak ada yang menjadi korban nyawa dan menyampaikan kiranya seluruh korban yang mengalami musibah supaya tetap tabah dan sabar serta tetap berdoa.

Kepala Desa Oppu Raja Huta Pea Timur dalam laporannya menyampaikan kepada wakil Bupati dan rombongan dapam kejadian teraebut tidak ada menelan korban jiwa/nyawa.para korban mengalami kerugian Ratusan Juta Rupiah karena ada Rumah usaha Kelontongan.
Ads

Lanjutnya, kejadian berlangsung sekitar pukul 05.30 Wib Pagi hari ini Jumat, (31/7/2020) dengan rumah yang hangus 4 Rumah milik 5 KK (Kepala Keluarga) 5 Kepala Keluarga yang memgalami trauma serta sebahagian dari mereka rumah mereka mengalami rusak ringan atas kejadian Kebakaran tersebut.

Camat Laguboti Pintor Pangaribuan, SH menyampaikan, dalam kejadian tersebut rumah warga yang terbakar hangus rata dengan tanah 4 Rumah dengan pemilik 4 KK dan terimbas dengan sebahagian rumah di dekat lokasi kebakaran mengalami rusak ringan 3 rumah dan 2 Kepala Keluarga (KK) mengalami trauma karena sempat mengeluarkan barang barangnya menghindari kebakaran.

Wakil Bupati menyampaikan, ditengah suasana serangan Wabah Pandemi Global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) yang melanda Dunia secara khusus di daerah Kabupaten kita Kabupaten Toba. "Kita dikagetkan atas kejadian kebakaran yang terjadi hari ini yang menghanguskan 4 unit rumah milik warga dan beberapa rumah mengalami rusak ringan walaupun tidak ada menelan korban nyawa," ungkap Wabup.

Lanjutnya, atas kejadian ini Bupati/Wakil Bupati Toba atas nama Pemerintah Kabupaten turut berbela sungkawa atas terjadinya musibah kebakaran ini. "Sebagai bantuan awal kepada para korban Pemerintah Kabupaten melalui instansi terkait Dinas Sosial memberikan bantuan sembako kepada para korban dan bantuan tenda darurat dari BPBD Kabupaten Toba sebagai penampugan sementara," ungkap Wakil.

Senada dengan Wakil Bupati Sekda Kabupaten Toba Drs. Audhi Murphy Sitorus, SH, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan dengan kejadian kebakaran yang dialami oleh warga, kiranya jangan terlalu larut dalam kesedihan oleh karena kejadian tersebut.tetaplah tegar serta tetap berdoa.

Lanjutnya, sesuai dengan yang disampaikan Wakil Bupati, Pemkab Toba akan memberikan bantuan sembako kepada para korban berupa Beras, Telor, Mi Instant, Minyak Goreng, Gula, Kopi dan Bubuk Teh.ungkaap Sekda yqng dilanjutkan dengan penyampaian Beras ke atas kepala setiap korban sebagai pertanda doa dan ucapan syukur kepada Tuhan atas keselamatan mereka.

Kepada Gosumut saat di konfirmasi usai macara mangupa upa Wakil Bupati Ir.Hulman Sitorus menjelaskan, diluar dari bantuan sembako yang sudah diberikan saat ini adalah sebagai bantuan awal untuk membantu meringankan beban para korban atas musibah kejadian kebakaran yang mereka alami dimusim Pandemi saat ini.

Lanjut Wakil, selanjutnya Pemkab juga nantinya akan memberikan bantuan berupa bahan bangunan untuk membantu mereka mendirikan rumahnya dengan sederhana supaya bisa ditempati.

Namun sebelum bantuan ini diberikan, terlebih dahulu harus dipastikan semua data rumah yang tebakar. "Supaya pemberian bantuan bisa tersalurkan dengan baik dan tepat guna oleh para korban kebakaran," ucap wakil.

Asisten 1 Pemkab Toba Harapan Napitulu, SH dalam penjelasannya kepada Gosumut menyampaikan, untuk pemberian bahan bangunan sebagai bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Toba kepada para korban kebakaran akan diberikan sesuai yang telah di sampaikan oleh Wakil Bupati melalui instansi terkait.

"Guna untuk menindak lanjuti bantuan tersebut untuk diberikan kapan, semua berdasarkan data dan rekomendasi dari pihak Kecamatan Laguboti (Camat)," tegas Harapan Asisten Tata Pemerintahan Kabupaten Toba.
www www