MEDAN-Ada kebiasaan yang berbeda pasca Covid 19 melanda tanah air. Tidak ubahnya saat Anda bersantap dan bersantai di restoran. Mengikuti protokol  kesehatan di tempat umum adalah salah satu langkah untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19.  Hal ini sepenuhnya dilakukan restoran Lembur Kuring Jalan Amir Hamzah,Medan.

Pemandangan ini Gosumut temui begitu memasuki restoran yang lahannya seluas 1000 meter ini. Tamu hanya diperbolehkan memasuki gerbang depan yang sudah disambut oleh dua pelayan cantik nan ramah yang memakai  masker  dan Face Shield. Di sebelahnya tersedia  wastafel  lengkap dengan sabun. “Setiap  tamu yang datang wajib cuci tangan, baru boleh masuk,” ucap Yasmin,Marcom Lembur Kuring, Sabtu ( 18/7/2020).

Tamu diwajibkan pakai masker dan pengecekan suhu tubuh di pintu masuk utama. Suhu tubuh dibawah 37,3 diperbolehkan masuk. Yasmin menjelaskan seluruh operasinal di Lembur Kuring mengikuti protokol kesehatan yang ketat. “Kita buka kembali sejak 1 Juni kemarin, setelah kurang lebih  tiga bulan menghentikan kegiatan opersional,”ucapnya.

Protokol kesehatan khususnya dalam hal jaga jarak terus berlanjut saat tamu berada dalam ruangan.Jarak antar kursi dibuat renggang sehingga tamu merasa lebih nyaman.

Setelah dibuka kembali, para pelanggan secara berangsur angsur sudah mulai kembali.  “Sudah sekitar 70% lah tamunya. Lagian kami pun masih membatasi. Kegiatan yang sifatnya terlalu ramai seperti pesta ulang tahun masih kami batasi jumlahnya,”ucapnya.

Pengunjung serasa telah lama menahan rindu terhadap pesona Lembur Kuring yang memiliki fasilitas kolam ikan Koi dan ikan Arapaima ini. Baik dari lezatnya  menu makanan maupun suasana asri yang ditawarkan. Hal ini bisa dilihat dari antusiasnya para pengujung.

Menu-menu khas Lembur Kuring, seperti gurami dengan olahan gurami goreng yang seperti ikan terbang, gurami panggang, gurami asam manis, udang goreng mentega, udang goreng sambal pete, udang goreng kemangi, kepah tauco, sate ayam dan lainnya. Yasmin menjelaskan saat ini menu kepiting masih ditiadakan  menunggu keadaan kembali normal.

Protokol ketat  lokasi dan karyawan

Pagi hari sebelum beroperasional pihak manajemen Lembur Kuring sudah melakukan sterisasi dengan melakukan penyemprotan disinfektan dalam lokasi restaurant hingga ke berbagai properti outdoor seperti tempat permainan anak dan lainnya. Para karyawan diwajibkan menggunakan  masker.

“Tiap 4 jam sekali masker harus ganti. Jadi satu hari dua kali menggunakan masker. Usai break makan siang ganti masker,”terang Yasmin. Hal yang sama juga berlaku untuk buku menu. “Buku menu di print, selanjutnya setiap tamu mendapatkan satu kertas menu. Jadi sekali pakai buang,”tambahnya.

Tempat sholat yang bersih

Perhatian serupa juga dilakukan di lokasi Musala yang berada di belakang gedung. Lembur Kuring memastikan tempat ibadah ummat Muslim itu selalu bersih, baik tempat maupun peralatan semisal mukena,sajadah dan lainnya. Seminggu dua kali dicuci, dan pagi hari dijemur dengan hangatnya matahari.