MEDAN - Ujian Tulis Berbasis Komputer pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi atau UTBK-SBMPTN 2020 di USU berjalan lancar. Ujian ini diikuti 35.719 perserta.

UTBK-SBMPTN di USU dan tiga lokasi lain, yakni Universitas Sari Mutiara, SMA Negeri 1 Medan, dan SMK Negeri 9 Medan, semuanya berjalan lancar.‎

35.719 peserta ikuti UTBK-SBMPTN di USU, Universitas Sari Mutiara, SMA Negeri 1 Medan, dan SMK Negeri 9 Medan.‎

UTBK ini berlangsung secara tahap, yakni Tahap I, 5 hingga 14 Juli dan tahap II‎, 20 hingga 29 Juli dan pengumuman 20 Agustus.

“UTBK berjalan lancar‎,” kata Rektor USU, Prof. Runtung Sitepu kepada wartawan, usai melakukan peninjauan pelaksanaan UTBK bersama para wakil rektor dan Kepala Humas Evi Sumanti di Kampus USU.

Runtung menjelaskan bila ada peserta berhalangan mengikuti UTBK-SBMPTN sesuai dengan jadwal dan tahapan. Pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memberikan kesempatan mengikuti ujian susulan.

“Tidak ada melaporkan batal. Bila mana ada laporan di hari-hari kemudian, ada tidak bisa. Bisa mengikuti ujian susulan 2 Agustus 2020,” kata Runtung.

Untuk kuota mahasiswa baru di USU melalui UTBK-SBMPTN ‎tahun ini, sekitar 3.138 orang.

Sedangkan pelaksanaan ujian UTBK-SBMPTN tahun ini, pihak panitia USU menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Sebelumnya, di Unimed sebanyak sebanyak 13.955 peserta mengikuti tes yang sama, MInggu Minggu (5/7).

Ke 13.955 peserta itu terdiri dari peserta regular ada 10.350 dan KIP 3.605.

Rektor Unimed, Dr Syamsul Gultom didampingi para wakil rektor dan Kepala Humas Unimed, M Surip mengatakan pelaksanaan UTBK berjalan lancar sesuai dengan protokol kesehatan.

Kata rektor, kapasitas yang disiapkan sebanyak 39.710, namun yang mendaftar hanya 35.14 %.

Dari jumlah pendaftar tersebut, ada 587 peserta dari luar Sumatera Utara, yakni berasal dari 19 provinsi yang ada di Indonesia, termasuk ada yang dari Malaysia. *