ASAHAN-Semakin tingginya jumlah korban Covid19 di Indonesia terkhusus di Kabupaten Asahan, Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan menerapkan beberapa upaya untuk mencegah dan memutus mata rantai Covid19.

Adapun upaya tersebut berupa meningkatkan pelayanan yang profesional dan efisien kepada masyarakat. Baik itu di Dinas Kesehatan maupun Puskesmas.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Asahan, dr. Elvina Tarigan saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (20/7/2020).

Selain dari itu dr. Elvina juga tetap mengadakan skrining dan trecing (melacak) kepada kontak fisik dan warga sekitar yang terpapar Covid19 di Kabupaten Asahan.

"Rencananya kita akan pakai target untuk melakukan trecing dan tidak mesti adanya warga yang terpapar Covid19 demi memutus mata rantai Covid19 di Kabupaten Asahan," ujarnya.

Dikatakannya bahwa dalam upaya pemutusan mata rantai Covid19 sangat dibutuhkan peran masyarakat. Karena menurutnya masyarakat adalah garda terdepan dalam memerangi Covid19.

Dalam kesempatan ini dr. Elvina juga menghimbau kepada masyarakat untuk menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dengan selalu melakukan sosial distanching dan physical distanching.

"Gunakan selalu masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak, hindari kerumunan massa, rajin berolahraga serta terapkan selalu Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," tutup dr. Elvina Tarigan.*