ACEHBARAT-Hubungan Satgas TMMD dan orang tua asuh penuh kekaraban sejak kehadiran prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg Ke-108 di wilayah Kodim 0105/Aceh Barat di Dusun Trans Desa Lango, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat. Sabtu (18/7/2020).

Satgas personil TMMD Ke-108 selama pelaksanaan kegiatan TMMD tinggal dan menginap dekat dengan rumah-rumah warga masyarakat di Dusun trans Desa Lango untuk melaksanakan kegiatan selama 30 hari. Kebersaaman Satgas bersama orang tua asuh di harapkan terwujudnya Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Seperti yang di lakukan Pratu Wempy, Ia membantu Ibu Nurmariyah (45) yang sekaligus orang tua asuhnya, menyiapkan memasak sarapan pagi sebelum berangkat ke lokasi pengerjaan kegiatan TMMD Ke-108.

"Kami (Satgas) bergantian membantu orang tua asuh membersihkan rumah dan menyiapkan makanan yang akan di santap saat makan bersama," ujar Pratu Wempy.

Dikatakannya para Satgas TMMD Ke-108 juga secara bergantian membantu membersihkan rumah, menyapu rumah dan pekerjaan rumah lainnya.

Ibu Nurmariyah (45) orang tua asuh dari Pratu Wempy dan 2 orang anggota Satgas TMMD Ke-108 lainya merasa terharu dengan apa yang dilakukan anak asuhnya.

"Saya sudah menganggap mereka sebagai anak sendiri, mereka baik dan sopan serta mau membantu ibu memasak dan bersih-bersih rumah," ucapnya.

Koorlap TMMD ke-105, Kapten Inf Hendra Sahputra berharap, hubungan emosional yang sudah terjalin antara prajurit TNI dan warga di Dusun trans Desa Lango kecamatan Pante Ceureumen akan tetap terjalin sepanjang masa, meskipun kegiatan TMMD Reg Ke-108 TA.2020 nanti sudah dinyatakan selesai.

“Saya sangat senang melihat keakraban yang terjalin antara orangtua asuh dengan Satgas TMMD Reg Ke-108 TA.2020 kodim 0105/Aceh Barat. nereka sudah seperti ikatan keluarga antara ibu, bapak, anak, adik dan kakak,” Ujarnya.

Dia melihat tidak ada rasa sungkan ataupun canggung yang diperlihatkan personel Satgas TMMD saat berinteraksi dengan orangtua asuh dan anak-anaknya. Baik saat makan bersama, belajar maupun bercanda.

“Semoga ikatan silaturahmi ini tetap terjalin meskipun para personel Satgas TMMD Reg Je-108 TA.2020 ini nanti sudah kembali ke satuan masing-masing," Pungkasnya Kapten Inf Hendra Sahputra Koorlap Satgas TMMD Reg Ke-108.