LHOKSEUMAWE-Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H, pemesanan sapi qurban disejumlah sentra peternakan sapi di Aceh terus mengalami peningkatan, pasalnya minat warga masyarakatAceh untuk berqurban juga tinggi.

Salah satu sentra peternakan sapi qurban di Desa Samuti, Kabupaten Bireuen hingga Senin (22/6) pemesanan sapi qurban sudah mencapai 69 ekor, begitu juga kambing sudah mencapai puluhan ekor.

Perkiraan pemilik sentra peternakan sapi qurban di desa tersebut Ibrahim hingga seminggu sebelum Hari Raya Idul Adha 1441 H pemesanan bisa mencapai ratusan ekor. “Sekarang saja pemesanan sudah mencapai 69 ekor sapi, belum lagi kambing sudah mencapai puluhan ekor, sehingga Insya Allah pesanan akan terus meningkat menjelang seminggu lagi sebelum lebaran Idul Adha 1441 H, bisa mencapai ratusan ekor,” tuturnya.

Di sentra peternakan sapi di tempat Ibrahim, tidak hanya saja sapi yang dikembangkan, ada juga kambing jenis kibas, kambing biri-biri maupun kambing kampung, ada juga beberapa jenis unggas, seperti ayam kampung, bebek maupun jenis angsa. Bahkan layanan yang diberikan oleh Ibrahim sangat memudahkan bagi pemesan sapi qurban maupun kambing terutama bagi kelompok warga maupun perorangan yang ingin berqurban. Pemesan sapi qurban maupun kambing tidak usah susah-susah mencari tukang sembelih, soalnya peternakan miliknya menyediakan tukang sembelih secara gratis.

“Pemesan tidak lagi repot-repot mencari tukang sembelih karena kita sudah menyediakan tukang sembelih secara gratis, sehingga orang yang berqurban tinggal membagikan saja kepada yang membutuhkan daging qurban, karena daging qurban juga sudah kemas dalam plastic,” jelasnya.

Menyangkut harga sapi qurban bervariasi tergantung besar kecilnya sapi. Yang jelas berada dikisaran Rp 17 juta sd. Rp 25 juta per ekor, tergantung selera konsumen mau pilih mana, rata-rata sapi qurban yang kita jual adalah jenis sapi kampung,” tuturnya.